Gaya Hidup Hematnya Disindir, Ternyata Cinta Laura Bangun Banyak Sekolah Gratis


Naviri Magazine - Cinta Laura viral lantaran mengaku enggan membeli barang bermerek dengan harga fantastis, karena mempertimbangkan uangnya digunakan membantu orang lain. 

Pengguna Twitter dengan akun @AgungpumA membeberkan bahwa Cinta Laura berjiwa sosial tinggi. Salah satunya adalah membangun sekolah di daerah pelosok. 

"Yang ngetawain Cinta Laura pasti enggak tahu kalo dia banyak bangun sekolah Gratis di pedalaman kaki gunung," tulisnya. 

Hal itu dia ketahui ketika melakukan offroad di Gunung Salak Bogor, Jawa Barat, dari warga sekitar.

Ia kemudian bercerita tentang Kampung Mulyasari, yang menjadi salah satu contoh perkampungan dengan kondisi terbelakang di sekitar sana. 

Kampung yang baru 5 tahun dialiri listrik itu masih terbelakang dalam berbagai sisi. Mulai dari penggunaan teknologi hingga pendidikan yang tak mumpuni untuk anak-anak di kampung melanjutkan sekolahnya. 

Karena mengetahui kondisi warga sekitar, pemilik akun @AgungpumA pun memuji bantuan yang diberikan Cinta Laura di bidang pendidikan untuk warga di sana. 

"Jadi intinya apa yang dilakukan Cinta Laura itu mengagumkan banget, mungkin yang menertawakan belum tentu bisa melakukan hal yang dilakukan Cinta Laura," tulisnya. 

Cinta Laura memiliki Yayasan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

"Family aku kan punya yayasan. Itu juga fokusnya di pendidikan. Aku punya sekolah-sekolah bareng yayasan keluarga aku, biar perempuan bisa dapetin pendidikan yang sama," ucapnya dalam wawancara di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan.

Cinta mengatakan, hingga kini dia dan keluarga sudah membangun 10 gedung sekolah gratis untuk SD dan satu gedung untuk SMP.

Selain tak dipungut biaya, anak-anak kurang mampu juga diberi seragam dan perlengkapan sekolah lain yang mereka butuhkan.

"Kami udah bantuin lebih dari 4.000 anak-anak untuk free education," ujar alumni Universitas Columbia, AS, itu.

Bukan hanya itu, lanjut Cinta, untuk 10 anak berprestasi di tingkat SMP juga diberi beasiswa ke SMA. Kemudian, tiga siswa berprestasi di tingkat SMA pun diberi beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

"So I'm doing my best. Karena I think education the key. Kalau kita bisa kasih semua anak-anak Indonesia opportunity bisa sekolah at least sampai high school, negara ini bisa jadi negara yang maju lagi," ucap Cinta.

Sebab, Cinta merasa yakin masih banyak anak-anak di Indonesia, khususnya perempuan, yang belum mendapatkan kesempatan bersekolah atau putus sekolah.

Selain itu ada belasan sekolah di Bogot yang dibantu Yayasan Soekarseno Peduli milik keluarga ibunda Cinta, Herdiana Kiehl.

Kenapa memilih Bogor? Alasan pertama, Bogor punya kenangan khusus buat Cinta. Ketika pertamakali datang ke Indonesia, aktris yang lahir pada 17 Agustus ini tinggal di Bogor. Aalsan berikutnya, di Bogor terdapat sekitar 2.000 sekolah yang hancur dan kurikulumnya sudah ketinggalan zaman. Cinta dan keluarganya ingin membantu memperbaiki pendidikan untuk anak-anak di Bogor.

Kata Cinta, di Pangerasan Education Center para siswa tak cuma di ajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan non formal yang berguna untuk mereka.

"Bukan hanya pendidikan formal saja, tapi sekolah ini juga mengajarkan musik, menjahit, menanam pohon, dan lain-lain supaya anak-anak di sekolah ini tidak cuma belajar dari buku tapi juga dari komputer. Belajar untuk menjahit dan skill lain yang penting untuk bisa kerja dan mandiri," kata Cinta yang sedang menikmati liburan selama tiga pekan di Indonesia.

Related

News 2150472899003702616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item