Insiden Teluk Tonkin, Kisah Pasukan Amerika Berperang Melawan Hantu Misterius


Naviri Magazine - Amerika Serikat telah berpartisipasi secara tidak langsung mendukung Vietnam Selatan, ketika Vietnam sedang dalam perang saudara. Namun, keputusan Amerika Serikat untuk berperang secara langsung di Perang Vietnam ternyata didasari oleh kejadian misterius yang dikenal sebagai Insiden Teluk Tonkin.

Insiden pertama terjadi pada 2 Agustus 1964, ketika 3 kapal torpedo Vietnam Utara menyerang USS Maddox. Hal yang aneh terjadi pada insiden kedua. Kali ini USS Maddox dilaporkan kembali diserang oleh sebuah kapal torpedo pada 4 Agustus 1964.

Seperti ditulis dalam laman The Atlantic, USS Maddox bersama USS Turner Joy mendeteksi sebuah objek misterius seperti kapal torpedo yang bersinar, dan mulai melakukan manuver bertempur. Badai dan gelapnya malam menyulitkan pandangan pada saat itu.  

USS Maddox juga mendeteksi adanya torpedo yang diluncurkan ke arah mereka. USS Maddox dan USS Turner Joy membalas dengan menembakkan meriam mereka ke objek misterius tersebut. 

Laporan adanya serangan di Teluk Tonkin membuat Presiden Johnson menyatakan bahwa Amerika Serikat akan membalas serangan Vietnam Utara terhadap kapal USS Maddox.

Faktanya, hasil pantauan udara yang dilakukan pesawat Amerika Serikat pada saat pertempuran terjadi menyatakan bahwa tidak ada kapal torpedo Vietnam Utara yang sedang menyerang USS Maddox. Kedua kapal Amerika itu menembak sesuatu yang tidak ada, seolah sedang bertempur dengan kapal hantu.

Kemungkinan objek misterius yang dilihat oleh kru USS Maddox pada waktu itu hanyalah pyrosome, makhluk laut yang memiliki bentuk seperti torpedo dan dapat bercahaya. Badai dan pengalaman dari serangan pertama membuat kru USS Maddox salah mengidentifikasi. 

Related

History 3062083358393290860

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item