Menurut Astronom AS, Diam-diam Ada Alien Memantau Bumi dari Planet Lain


Naviri Magazine - Dua astronom asal Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengungkapkan penelitian mengejutkan tentang adanya makhluk luar angkasa atau alien yang berpotensi mengamati kehidupan di Bumi. Hal ini berdasarkan dari penelitian yang menunjukkan bayangan samar saat planet tersebut transit di depan matahari.

"Salah satu cara kita menemukan planet adalah jika mereka menghalangi sebagian cahaya dari bintang induknya," sebut Direktur Institut Carl Sagan Universitas Cornell Lisa Kaltenegger dikutip dari Global News.

"Kami bertanya, 'Untuk siapa kita menjadi alien, jika orang lain mencari?'. Nah ada sepotong kecil di langit di mana sistem bintang lain memiliki kursi depan kosmik untuk menemukan Bumi sebagai planet transit," lanjutnya.

Bumi menjadi salah satu planet yang berpotensi menjadi perhatian makhluk luar angkasa ini dari 29 planet yang ada di tata surya. Awalnya, para astronom mengidentifikasi 1.715 tata surya yang dapat melihat Bumi selama periode keberadaan manusia. Lalu, mereka mempersempit daftar menjadi 46 sistem bintang yang cukup dekat untuk mendengar siaran radio dan TV dari Bumi.

"Kami ingin menggunakan bintang terdekat," kata ilmuwan senior di American Museum of Natural History Jackie Faherty.

"Ketika datang untuk menjelajahi dunia, yang terdekat dengan kita akan menjadi yang paling menarik," kata Faherty kepada NPR News.

Astronom menilai alien yang tinggal di planet Ross-128 b, bisa jadi sudah menemukan Bumi. Sementara penghuni Bintang B dan C Teegarden akan mendapat kesempatan untuk melihat Bumi dalam waktu sekitar 29 tahun mendatang.

Sebelumnya, beberapa pemikir termasuk mendiang fisikawan teoretis dan kosmolog Stephen Hawking, telah memperingatkan agar manusia tidak mencoba mengontak dengan kehidupan luar angkasa karena bisa jadi mereka tidak senang mendengar kabar dari manusia.

Bahkan, sebagian menyatakan bahwa mungkin ada banyak ras alien di luar sana di antara bintang-bintang. Namun mereka semua tetap 'diam' untuk menghindari ancaman besar bagi peradaban mereka.

Related

Science 1715682807414571850

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item