Modus Baru Penipuan, Ajak Netizen Galang Dana dari Cerita Amal agar Mau Menyumbang


Naviri Magazine - Penipuan di Malaysia kini menggunakan video amal untuk mengelabui masyarakat agar mentransfer uang kepada mereka. Menurut Sekretaris Eksekutif MCA Crisis Relief Squad (CRSM), Xilas Ngang, hal itu menjadi perhatiannya ketika pihaknya menerima pesan dari masyarakat yang menanyakan keaslian sebuah video.

Xilas mengatakan bahwa pada tahun 2017, sebuah video direkam tentang seorang gadis berusia enam tahun dengan kanker darah, meminta bantuan publik. Video tersebut kemudian diunggah di akun YouTube CRSM.

"Namun, saya terkejut ketika seseorang menghubungi kami menanyakan keaslian video yang diunggah di halaman Facebook bernama 'Charity of Love' sejak minggu lalu," katanya dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh MCA Public Complaints. Ketua Biro Datuk Seri Michael Chong, dilansir dari Harian Metro.

"Dalam video, 'Charity of Love' meminta publik untuk menyumbang ke dua akun pribadi milik pria lokal, menyebabkan beberapa individu meragukan keaslian video sebelum menghubungi kami," tambahnya.

Dia menjelaskan saat mengetahui tentang masalah tersebut, pihaknya menghubungi anggota keluarga gadis itu dan bertanya apakah mereka telah meminta orang lain untuk membantu mereka mendapatkan sumbangan dari masyarakat.

Namun, pihak keluarga mengaku belum meminta sumbangan melalui pihak manapun karena anak tersebut sudah sembuh dari penyakitnya dan saat ini berada di Tiongkok.

"Penjelasan yang diberikan oleh anggota keluarga membuat kami merasa bahwa video tersebut dimanipulasi oleh sindikat penipuan yang ingin mengambil keuntungan dari sumbangan publik untuk hal-hal yang tidak ada," katanya.

“Pemeriksaan juga menemukan bahwa akun Facebook asosiasi, yang didirikan tiga bulan lalu, telah menghapus video yang telah dilihat lebih dari 10.000 kali.”

Xilas menambahkan bahwa laporan polisi telah diajukan ke Kantor Polisi Dang Wangi pada 4 Juni terkait masalah tersebut.

Related

News 686282514471023189

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item