Aneh tapi Nyata, Pajak Rumah Ini Lebih Mahal dari Harga Rumahnya



Naviri Magazine - Berapa harga rata-rata rumah saat ini? Pasti nilainya sudah jutaan, karena semurah-murahnya pun tidak akan kurang dari bilangan jutaan. Tetapi, ternyata ada rumah yang dijual hanya dengan harga sebesar Rp. 16 ribu. Benar, ini tidak salah ketik atau salah tulis. Yang dimaksud memang enam belas ribu rupiah!

Rumah yang mungkin paling murah di dunia ini terdapat di Saginaw, Michigan, Amerika. Saginaw memang salah satu daerah yang mengalami krisis hebat perumahan di Amerika.

Acara penjualan rumah tersebut diadakan di situs e-Bay, yang merupakan situs lelang paling besar dan paling terkenal di dunia maya, dan rumah tersebut dilelang oleh delapan orang, salah satunya Joane Smith. 

Wanita ini memenangkan lelang dengan mengajukan harga tawaran sebesar 1,75 dolar AS atau sekitar Rp 16 ribu, yang merupakan harga tertinggi dalam acara lelang itu. Artinya, Joane Smith menjadi pemenang lelang yang berhak memiliki rumah tersebut.

Tetapi, meski telah memenangkan rumah itu dalam acara lelang, Joane Smith tidak berencana menempatinya. 

“Saya akan menjual kembali rumah itu. Saya tidak ada rencana pindah ke Saginaw,” katanya ketika diwawancarai. Dia sendiri belum sempat melihat rumah tersebut atau mengunjungi daerah Saginaw, sampai ia memenangkan acara lelang atas rumah itu.

Nah, yang unik, meski harga rumah itu tergolong murah, tetapi ternyata pajaknya sangat besar. Meski Joane Smith membeli rumah itu hanya seharga Rp. 16.000,-, tetapi pemerintah Amerika mengenakan pajak pembelian sebesar 850 dolar AS atau sekitar 8 juta rupiah!

Related

World's Fact 4172480702242838703

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item