Apa yang Disebut Aurora? Ini Penjelasan dan Contohnya


Naviri Magazine - Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet, akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari (angin surya).

Di bumi, aurora terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan magnetik. Aurora yang terjadi di daerah utara disebut aurora borealis. Sebutan itu berasal dari istilah Yunani untuk angin utara, “boreas”. 

Aurora borealis terjadi antara September dan Oktober, juga antara Maret dan April. Sedangkan fenomena aurora di daerah selatan disebut aurora australis, yang memiliki sifat-sifat serupa. Kadang-kadang, aurora juga muncul di puncak gunung di iklim tropis.

Sebagai fenomena alam, aurora menyuguhkan keindahan, meski tidak bisa dilihat di sembarang tempat. 

Keindahan Aurora di Finlandia

Finlandia adalah negara yang memiliki tingkat polusi sangat rendah. Karenanya, negara ini banyak dituju para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan aurora. 

Salah satu tempat di Finlandia yang menjadi rujukan adalah Saariselkae, yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia. Tempat itu disebut sebagai tempat terbaik untuk menikmati keindahan aurora.

Selain menikmati pemandangan aurora, para wisatawan juga bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju, atau menonton kawanan anjing husky. Dengan segala pesona itu, Saariselkae di Finlandia menjadi objek wisata yang banyak didatangi turis.

Related

Science 8748697686358505934

Recent

item