Apa yang Disebut Kebun Raya? Ini Penjelasan serta Contohnya


Naviri Magazine - Kebun raya (botanical garden) adalah tempat tanaman tumbuh, dan dipertunjukkan terutama untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. Kebun raya memiliki koleksi tumbuhan di alam terbuka dan di dalam rumah kaca, juga terdapat koleksi tumbuhan yang dikeringkan atau herbarium, serta fasilitas ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, museum, dan tanaman percobaan.

Penanaman tumbuhan dalam kebun raya diatur menurut penggolongan dalam ilmu botani, seperti pengaturan menurut sistematik tumbuhan (penggolongan tumbuhan), ekologis (hubungan lingkungannya), atau geografi (daerah asal). 

Kebun raya yang besar sering meliputi pengelompokan khusus, seperti taman bebatuan (rock garden), kebun air (water garden), kebun “wildflower”, dan lain-lain. Sedangkan kebun yang terbatas bagi tumbuhan kayu hutan disebut arboretum.

Meski terutama ditujukan untuk kepentingan ilmiah dan pendidikan, namun kebun raya juga memiliki pemandangan indah, sehingga sering didatangi banyak orang atau wisatawan. 

Butchart Gardens

Butchart Gardens adalah kebun raya yang terletak di Victoria, British Columbia, Kanada. Kebun raya ini merupakan situs bersejarah nasional Kanada, dan di dalamnya terdapat hamparan pohon-pohon tua yang terus tumbuh subur, kupu-kupu yang indah, serta tujuh ratus jenis bunga beraroma wangi.

Montreal Botanical Garden

Montreal Botanical Garden terletak hanya beberapa menit dari pusat kota Montreal, Kanada, dan merupakan tempat perlindungan dari kehidupan perkotaan yang sibuk. 

Kebun raya ini berisi 30 taman tematik, juga 10 rumah kaca yang memamerkan lebih dari 22 ribu spesies tanaman yang berbeda. Sepanjang tahun, taman ini menawarkan pameran dan berbagai acara lain.

Related

Science 3820098304250289910

Recent

item