Asal Usul DreamWorks, Perusahaan Film Terkenal dan Berpengaruh di Dunia


Naviri Magazine - Ada banyak perusahaan film yang nama atau logonya sering kita lihat dalam film-film Hollywood yang kita tonton, dan DreamWorks adalah salah satunya.

DreamWorks Pictures (dikenal juga sebagai DreamWorks SKG atau DreamWorks Studios, sering disebut sebagai DreamWorks) adalah perusahaan pembuat film utama di Amerika Serikat, yang membuat, menghasilkan dan memasarkan film-film, video permainan, dan program-program televisi. 

Mereka telah menghasilkan ataupun memasarkan banyak film dengan pendapatan kotor dari film-film yang mencapai "box-office" sebesar US$ 100 juta per film. 

Perusahaan ini didirikan pada 1994 sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide terbaik dari pakar media. Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg, dan David Geffen (inisial dari ketiga pendiri itu, yaitu S dari Spielberg, K dari Katzenberg dan G dari Geffen, membentuk tulisan SKG yang tampak pada bagian bawah logo perusahaan ini) untuk membuat sebuah studio Hollywood yang baru. 

Baru kemudian di bulan Desember 2005, ketiga pendiri tersebut setuju untuk menjualnya ke Viacom, perusahaan induk Paramount Pictures. Proses penjualan ini diselesaikan pada bulan Februari 2006.

Salah satu bagian dari perusahaan ini yang membidangi animasi telah dipisahkan dari perusahaan induknya pada tahun 2004, menjadi DreamWorks Animation SKG. Film-filmnya diedarkan Paramount Pictures, namun bagian animasi tetap merupakan bagian yang terpisah, baik dari Paramount Pictures maupun Viacom.

Pada 2008, DreamWorks memutus kemitraan dari Paramount, dan membayar US$1,5 biliun untuk produksi film Reliance ADA Group, namun setahun kemudian bekerja sama lagi dengan Paramount. Pada 9 Februari 2009, DreamWorks dan Paramount memasuki usia 6 tahun, sementara The Walt Disney Company memegang saham DreamWorks sebanyak 50%.

Related

Entertaintment 4286209026916622311

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item