Bagaimana Definisi Hutan? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Hutan adalah kawasan yang ditumbuhi pepohonan dan aneka tumbuhan secara lebat. Hutan terdapat di banyak wilayah luas di dunia, dan berfungsi sebagai penampung karbondioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. 

Karena tersebar di berbagai belahan dunia, kita bisa menemukan hutan di daerah tropis maupun di daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Sebagai suatu ekosistem, hutan tidak hanya menyimpan sumber daya berupa kayu pohon, namun juga memiliki banyak potensi non-kayu yang bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat, melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan. 

Dalam fungsinya sebagai ekosistem, hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup flora dan fauna, penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. 

Sebagai penyedia air bagi kehidupan, hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, karena menjadi tempat bertumbuhnya berjuta tanaman. Karena itu pula, hutan pun sering disebut sebagai paru-paru dunia.

Di samping memiliki banyak fungsi dan manfaat, hutan juga menyimpan keindahan. Kehidupan yang alami, murni, masih terdapat di banyak hutan di dunia—sesuatu yang mulai sulit kita peroleh di daerah perkotaan. 

Related

Science 8794821028002496797

Recent

item