Bagaimana Mengetahui Siapa saja yang Melihat Profil Kita di Facebook?


Naviri Magazine - Di Facebook, orang bisa melakukan interaksi dengan pengguna lain, memposting tulisan atau status, mengunggah foto, dan lain-lain, termasuk melakukan chatting dengan orang-orang yang diinginkan. Meski fasilitas di Facebook dapat dianggap lengkap, karena memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal, namun ada satu hal yang dari dulu ingin diketahui para pengguna Facebook.

Satu hal itu adalah pertanyaan, “Bagaimana mengetahui siapa saja yang melihat profil kita di Facebook?”

Banyak pengguna Facebook yang penasaran, kira-kira siapa lagi yang kadang sengaja stalking atau mengunjungi profil mereka. Rasa penasaran itulah yang membuat mereka bertanya-tanya. Bahkan, sebegitu populer hal tersebut, sampai banyak aplikasi atau situs yang mengklaim bisa melacak pengunjung profil, salah satunya situs MySecretCity.net.

Tak begitu jelas siapa di belakang situs tersebut, namun ia menyediakan banyak informasi seputar bagaimana "mengakali" Facebook. Dalam salah satu artikelnya, dibahas tentang bagaimana mengetahui pengunjung profil Facebook.

Sudah banyak orang tidak bertanggung jawab menciptakan aplikasi abal-abal, yang konon mampu mengetahui siapa saja yang melihat profil kita di Facebook. Kenyataannya, banyak di antaranya tipuan belaka. Aplikasi tersebut justru bisa mencuri data-data pribadi pengguna, atau bahkan bisa membajak akun Facebook penggunanya.

Sebuah jawaban dari Facebook terhadap pertanyaan, "Dapatkah saya mengetahui siapa yang melihat kronologi saya atau seberapa sering kronologi saya dikunjungi?" sebenarnya bisa menjadikan patokan.

Facebook, seperti tertulis dalam halaman Pusat Bantuan, menyatakan tidak membolehkan siapapun untuk melacak siapa yang melihat profil pengguna. Bahkan, lebih lanjut, Facebook mengatakan bahwa aplikasi pihak ketiga juga tidak dapat melihat siapa yang melihat profil pengguna.

Jika Anda menemukan sebuah aplikasi yang mengatakan dapat menunjukkan siapa yang melihat profil atau kiriman Anda, silakan laporkan aplikasi tersebut.

Untuk menegaskan hal itu, pernyataan Facebook lewat situs Alphr.com bisa menjadi rujukan bahwa tidak ada aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjukkan siapa yang melihat profil.

"Tidak, Facebook tidak menyediakan kemampuan untuk melacak siapa yang melihat profil Anda, atau bagian dari profil Anda, seperti foto. Aplikasi yang dibuat oleh para developer di luar tidak menyediakan fungsi itu. Aplikasi yang mengklaim mempunyai kemampuan seperti itu akan dihapus dari Facebook karena melanggar kebijakan," ujar Facebook.

Meski demikian, artikel di MySecretCity.net tak perlu aplikasi, sehingga relatif aman untuk dicoba. Sang pemilik situs mengklaim cara yang ditulisnya bisa mengetahui siapa yang mengunjungi profil Facebook. Cara yang dibagikannya, meski bukan cara termutakhir, hanya butuh beberapa langkah saja.

Langkah-langkah itu adalah sebagai berikut:

1. Login ke akun Facebook dan kunjungi halaman profil Anda;

2. Klik kanan di laman kronologi, dan pilih buka "Page Source" yang akan membawa pengguna ke sebuah jendela baru;

3. Pada jendela yang baru itu, tekan CTRL+F dan sebuah kotak dialog pencarian akan terbuka di sudut kanan atas peramban;

4. Cari kata "initialchatfriendslist" (tanpa tanda kutip);

5. Anda akan melihat berbagai nomor ID yang disebut menunjukkan ID profil orang-orang yang mengunjungi halaman profil Facebook.

Nomor identifikasi orang-orang yang mengunjungi Anda adalah angka sebelum "-0", "-1", "-2", or "-3". Contohnya adalah deretan angka "100000006416069-2" yang menunjukkan nomor ID adalah 100000006416069.

Lalu, untuk mengetahui siapa pemilik nomor ID tertentu, cobalah untuk mengunjungi halaman facebook.com/ID-yang-kita-pilih, misalnya facebook.com/100000006416069.

Seorang pengguna Facebook, bernama Low Kah Yong, menanyakan arti "initial chat friends list" lewat halaman Pusat Bantuan. Pengguna lainnya menjawab bahwa InitialChatFriendsList merupakan daftar obrolan yang berisi orang-orang yang berinteraksi dengan kita di Facebook lewat obrolan, likes, komentar, dan kunjungan ke halaman profil.

Dalam sebuah diskusi di forum tanya jawab Quora, pertanyaan tentang kode ini pun muncul. Beberapa pengguna Quora tak percaya bahwa kode itu benar-benar menunjukkan siapa yang telah mengunjungi sebuah laman akun profil Facebook.

Facebook pun tak punya penjelasan tentang rentang waktu tertentu yang menyebabkan sebuah nomor ID pengunjung tercatat pada halaman profil akun lain.

Namun, sebuah artikel lain yang pernah membantah tentang keakuratan kode ini, akhirnya meralat bantahannya. Ia bahkan mengakui bahwa kode tersebut benar-benar identitas pengunjung laman profil, bukan sekadar daftar teman yang ada di kotak percakapan (chat list).

Menimbang pro-kontra tentang kode ini, tak ada jaminan bahwa kiat yang ditawarkan MySecretCity.net benar-benar bisa dipercaya.

Related

Tips 1853477943188583385

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item