Benarkah Motor Standar Pakai Knalpot Racing Bisa Merusak Mesin? Ini Penjelasan Ahli


Naviri Magazine - Tak sedikit pengendara sepeda motor yang memodifikasi kendaraannya agar lebih bertenaga. Salah satu langkah yang banyak dilakukan adalah mengganti bagian knalpotnya. Saluran pembuangan gas pada motor ini diganti dengan knalpot racing aftermarket. Selain tenaga meningkat, umumnya juga menghasilkan suara yang bising. 

Sayangnya, tak banyak yang paham bahwa menggunakan knalpot racing bisa berdampak buruk pada bagian mesin. Khususnya jika bagian mesin tidak mengalami perubahan alias standar. 

Sebab, penggunaan knalpot racing membuat mesin jadi lebih cepat panas karena pembakarannya kering. Selain itu juga akan mempercepat keausan pada komponen mesin motor. 

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, knalpot racing bisa saja meningkatkan performa, tapi tidak signifikan. 

"Kecuali dalamannya (piston, kruk as, dan lainnya) diubah juga," ujar Ribut. 

Menurut Ribut, performa motor bisa meningkat lebih maksimal jika dilakukan ubahan pada bagian lain. Salah satu bagian yang perlu diubah adalah ruang pembakarannya. 

"Saya tidak merekomendasikan, karena motor yang dikeluarkan dari pabrik sudah melewati berbagai perhitungan dan pertimbangan yang disesuaikan kebutuhan penggunanya," kata Ribut. 

Djoko Prayitno, pemilik bengkel Tanjung Motor di Solo, Jawa Tengah, mengatakan, penggantian knalpot racing harus diikuti dengan penyesuaian debit bahan bakarnya. 

"Kalau penggantian knalpot racing tanpa penyesuaian debit bahan bakarnya, padahal pembuangannya sudah lebih besar atau lancar, dan ternyata pembakaran di mesinnya terlalu kering, maka bisa mengakibatkan kerusakan mesin,” ujar Yitno, dalam kesempatan terpisah. 

Penyesuaian ini penting untuk dilakukan agar mesin tidak terlalu kering, yang bisa berakibat mesin terlalu panas atau overheat.

Related

Automotive 500865342144008476

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item