Fakta-fakta dan Asal Usul 1CAK, Situs Meme Terbesar di Indonesia


Naviri Magazine - Saat ini, 1CAK dikenal sebagai situs khusus meme di Indonesia, dan dianggap sebagai yang terbesar. Para pengguna bisa mengunggah meme-meme buatannya di 1CAK untuk dinikmati para pengguna/pengunjung lain. Karena popularitasnya, meme-meme dari situs 1CAK sering mengalir ke Twitter, atau ke media sosial lain.

Situs 1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012, dengan nama 1CUK. Situs ini terinspirasi dari situs 9GAG, situs hiburan dan media sosial sejenis yang berbahasa Inggris, yang didirikan tahun 2008.

Namun, Aji kemudian merasa nama domainnya (1CUK) dapat dibaca 'wancuk' (one-cuk), mirip jancuk, suatu ungkapan kasar dalam bahasa Jawa. Maka dari itu, ia menggantinya menjadi 1CAK sejak 30 September 2012.

1CAK juga sudah merilis aplikasi mobile untuk Android yang bisa diunduh di Google Play. Pengguna 1CAK cukup hanya membuka situs web dan media visual (sering disebut "postingan") akan tampil, dan cukup dengan menggulirkan halaman ke bawah. Setiap postingan dapat dinilai dan dapat diberi komentar. Bagi yang sudah terdaftar, dapat ikut membagikan postingannya.

1CAK memiliki restriksi umur terhadap postingan yang bertandakan NSFW (Not Safe For Work). NSFW (not safe for work, bahasa Indonesia: tidak aman untuk kerja) dapat diartikan sebagai postingan yang tidak ditunjukkan bagi anak di bawah umur, karena kemungkinan dalam media visual tersebut terkandung unsur seksual atau unsur kekerasan. 

Untuk melihat isi postingan yang tersensor oleh tanda NSFW, para pengguna atau para pengunjung 1CAK harus log in terlebih dahulu. Untuk menjadi anggota di 1CAK, berkomentar, dan menyukai media visual yang ada, cukup log in dengan menggunakan akun Facebook atau sign up menggunakan alamat e-mail.

1CAK memiliki fasilitas pintasan papan ketik yang memudahkan para pengguna dan pengunjung menggunakan alat elektronik seperti komputer atau laptop untuk memberikan komentar, memberikan vote, dan melihat postingan dengan mudah. 

Pintasan papan ketik yang disediakan oleh 1CAK adalah:

1. J = untuk melihat media visual selanjutnya.
2. K = untuk melihat media visual sebelumnya. 
3. L = untuk Fun terhadap suatu media visual

Trivia

Postingan pertama di 1CAK adalah sebuah video dari username wafsyu. Dengan link 1cak.com/50.

Pada awal berdirinya, pengguna 1CAK membutuhkan 20-30 Vote (sekarang Fun) untuk masuk Legend.

Pada awal pendiriannya, 1CAK belum memiliki tombol NOPE (sekarang disebut Nuf)

Banyak orang yang salah saat menyebut 1CAK, seperti "satucak", "icak", dan lain-lain. Penyebutan yang benar dari 1CAK ialah "Wancak".

Singkatan 1CAK bisa di artikan banyak, yang pasti yang koCAK-koCAK, ONE Place for something koCAK.

Pada awalnya, meme yang paling banyak digunakan pada awal pertama 1CAK muncul ialah "SAILY SPITON" dan "Klinik TongFang"

Postingan paling fenomenal di 1CAK ialah postingan dari username ammar_lubiss. Postingan berjudul "Iseng -_-" itu telah mendapat sekitar 4.800+ Fun dan 950+ Comment. Postingan itu bisa dilihat di link 1cak.com/4412.

Postingan pertama yang mencapai 1.000 Fun ialah postingan dari username happylution, yang berjudul "Terima Kasih Ayah". Ada pula postingan dari username bernama cuahyo dengan judul "Dibalik Layar Otong dan Pakpol", dengan fun sebanyak 10.000+ Fun. Bisa dilihat di link 1cak.com/822701.

Postingan yang mendapat Nuf terbanyak ialah postingan dari username sax_hat dengan judul Sax Hat Everywhere, dengan link http://1cak.com/14946.

Beberapa username yang terkenal di 1cak.com ialah sax_hat, mrdadang98, mr_weq, dan masih banyak lagi.

Salah satu username 1CAK yang juga membuat animasi untuk meme ialah mr_weq. Yang bisa kita lihat di Youtube dengan link www.youtube.com/BayuProd.

Postingan pertama yang menggunakan watermark 1Cak.com (sebelum 1cuk) ialah postingan di link 1cak.com/24000.

Pengguna 1CAK yang cowok disebut Wancaker, sedangkan pengguna cewek disebut Wancaker-wati.

Related

Internet 6766574957183938380

Recent

item