Haruki Murakami, Penulis Terkenal yang Hobi Berlari


Naviri Magazine - Di antara nama-nama penulis novel dunia, kemungkinan besar Anda mengenal nama Haruki Murakami, penulis asal Jepang yang karya-karyanya mendunia. Berbeda dengan kebanyakan penulis lain, Haruki Murakami bisa dibilang punya hobi yang aneh, yaitu berlari.

Pekerjaan sebagai penulis membutuhkan konsentrasi, yang biasanya duduk di depan meja atau di depan komputer. Kalau pun lelah, atau ingin refresing, para penulis biasanya menekuni hobinya, yang bisa mulai dari menonton film sampai membaca buku, atau menikmati ikan-ikan peliharaan di kolam. Nyaris bisa dibilang jarang ada penulis yang menggemari olah raga fisik.

Tapi hal itu tak berlaku bagi Haruki Murakami. Ia justru punya hobi berlari, dan tampaknya ia benar-benar menekuni hobinya tersebut.

“Kau hanya membutuhkan sepasang sepatu dan kau dapat melakukannya di mana pun. Kau tak harus ditemani orang lain. Lari adalah olahraga yang tepat untuk penyendiri sepertiku,” ujar Haruki Murakami.

Melalui memoar berjudul What I Talk about when I Talk about Running yang ditulisnya, dan sejumlah wawancara, kita pun tahu bahwa urusan Murakami sehari-hari bukan hanya mengolah kalimat, mencipta metafora, serta merancang struktur sebuah novel, melainkan juga mengolah pernapasan, menyiapkan langkah yang paling sesuai dengan jarak, dan berlatih menjaga konsentrasi dalam keadaan lelah setengah mati.

Murakami adalah seorang pelari yang serius. Setiap bulan, ia rutin berlari sejauh 150 hingga 180 mil. Dan sejak 1983, saat ia memutuskan untuk menjadi penulis penuh waktu sekaligus menjalani hidup sehat, ia telah mengikuti lebih dari 30 maraton, termasuk ajang-ajang utama seperti New York City Marathon dan Boston Marathon.

Untuk keperluan itu, Murakami memilih sepatu pabrikan Mizuno, sebuah perusahaan Jepang. Alasan pemilihan itu bukan sentimen asal-usul, melainkan karena “sol sepatu-sepatu itu memberikan perasaan mantap dan dapat diandalkan ketika kau berlari.”

Sekalipun penuh gairah dan dedikasi, penulis novel Wind-Up Bird Chronicle itu tidak mencari uang lewat lari, atau dengan kata lain, ia bukan seorang pelari profesional. Maka, besar kemungkinan pilihan dia atas merk tertentu serta alasan-alasannya hanya akan dibaca orang sebagai kesukaan pribadi. 

Related

Figures 4521311431119260818

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item