Ini 5 Alat Elektronik yang Harus Dimatikan Saat Mati Lampu, Agar Tidak Cepat Rusak


Naviri Magazine - Mati lampu bisa berdampak buruk untuk sebagian peralatan elektronik, seperti televisi, pendingin ruangan, dan komputer PC atau desktop. Karena itulah, saat mati lampu atau pemadaman listrik sedang berlangsung, pastikan untuk mencabut beberapa perlatan elektronik berikut ini dari sumber listrik di rumah Anda!

Pendingin ruangan atau AC

Pendingin udara harus dimatikan selama listrik padam. Jangan nyalakan kembali selama beberapa menit setelah listrik menyala kembali. 

Komputer PC

Komponen komputer yang sering mengalami kerusakan ketika mati listrik atau tidak dimatikan dengan benar adalah hardisk. Karena itulah, agar tidak cepat rusak, saat mati lampu pastikan juga untuk mencabut aliran listrik yang tersambung di komputer PC Anda.  

Peralatan rumah tangga

Cabut kabel penghangat air, microvawe, penanak nasi, kompor listrik, pompa air, dan juga televisi selama pemadaman listrik. Lonjakan daya listrik yang tiba-tiba saat lampu menyala kembali akan menyebabkan kegalalan perangkat keras internal yang berakibat merusak. 

Biarkan kulkas tetap menyala

Saat mati lampu, biarkan lemari es atau kulkas tetap tersambung dengan listrik sekalipun listrik padam. Kulkas masih bisa mempertahankan dingin saat dalam kondisi tertutup dan melindungi makanan Anda.

Lampu ruangan

Selain mematikan peralatan elektronik tersebut saat mati lampu, ada baiknya juga Anda mematikan lampu ruangan. Nyalakan satu lampu untuk mengetahui apakah listrik sudah menyala atau belum saat pemadaman listrik berakhir.

Hal lain yang juga harus diingat adalah, hindari untuk langsung menyalakan semua peralatan elektronik setelah listrik kembali menyala. Sebagian besar perangkat membutuhkan gelombang daya yang cukup tinggi untuk kembali beroperasi dengan normal. Padahal di saat itu, ada kemungkinan listrik masih belum stabil.

Related

Tips 6221804905376426520

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item