Ini 5 Film Keren yang Mengisahkan Asal-Usul Villain Populer, dari Venom sampai Joker


Naviri Magazine - Hollywood berada di era keemasan film superhero yang digawangi oleh Marvel Cinematic Universe dan DCEU. Karakter superhero yang bervariasi dan memiliki kisah yang saling terkait membuat fans begitu excited, dan terus menanti karakter lainnya yang akan muncul.

Namun tren ini mulai berkembang dengan menghadirkan kisah awal mula karakter-karakter villain. Meski bagian dari film superhero, karakter mereka jarang mendapatkan background kisah yang menyeluruh. Lewat deretan film berikut ini kita melihat kisah masa lalu mereka, yang membuat sosok tersebut bertransformasi menjadi karakter jahat.

Maleficent (2014)   

Maleficent didasarkan pada karakter antagonis dalam dongeng Sleeping Beauty, dan film ini menjadi karya pertama Disney yang menceritakan asal muasal karakter villain. Film ini sempat dikhawatirkan bisa mencoreng nama Disney yang dikenal dengan karakter-karakter inspiratif dan baik hati. Namun pada akhirnya tetap sukses dan disukai penonton.

Dibintangi Angelina Jolie, film ini mengisahkan asal-usul Maleficent, seorang putri cantik dan berhati murni dengan kehidupan indah di sebuah negeri dalam hutan. Namun negerinya diserang, sekaligus dikhianati, yang kemudian membuat hatinya mengeras, dan mengubahnya menjadi makhluk kejam yang siap membalaskan dendamnya.

Leatherface (2017) 

Texas Chainsaw Massacre dianggap sebagai salah satu film waralaba horor terbaik sepanjang masa, dan sosok bertopeng mengerikan Leatherface menjadi ikonnya. Sejak pertama kali dirilis pada 1974, Texas Chainsaw Massacre sudah melahirkan 8 film. Salah satunya mengisahkan asal-usul sang pembunuh utama dalam film tersebut, Leatherface.

Film ini mengisahkan seorang pemuda kejam dengan gangguan kejiwaan, menculik seorang perawat saat melarikan diri dari rumah sakit jiwa Texas. Dikejar oleh pihak berwajib, pemuda itu semakin menggila, dan mulai melakukan pembunuhan yang kemudian membentuknya menjadi pembunuh legendaris yang dikenal sebagai Leatherface.

Venom (2018) 

Karakter villain Venom pernah muncul sekali dalam Spider-Man 3 garapan Sam Raimi. Namun penggambarannya yang tidak akurat, membuat film tersebut kurang diterima fans. Pada 2018 Sony kemudian memproduksi film orisinal Venom yang dibintangi Tom Hardy. 
Film ini mengisahkan jurnalis Eddie Brock yang sedang mencoba menjatuhkan konspirasi Carlton Drake, pendiri Life Foundation. Saat menyelidiki salah satu eksperimen Drake, tubuh Eddie menyatu dengan Venom alien, yang membuatnya memiliki kekuatan super, namun lebih gelap dan didorong oleh kemarahan. 

Joker (2019)  

Joker adalah karakter villain paling populer di semesta komik dan film superhero. Sosok tersebut berulang kali dihadirkan dalam berbagai film superhero sebagai villain kejam dan cerdas yang sulit dikalahkan. Namun kisahnya baru diangkat ke layar lebar pada 2019 lewat sentuhan apik sutradara Todd Phillips, dan dibintangi Joaquin Phenix.

Film ini mengisahkan kehidupan komedian gagal dan kesepian, Arthur Fleck, dengan segala kisah tragis yang dihadapinya. Mulai dari menderita penyakit pseudobulbar affect, perundungan, kehilangan pekerjaan, dan gangguan kejiwaan yang kemudian membentuk sisi gelapnya menjadi seorang villain dengan nama panggung Joker. 

Lewat peran luar biasanya dalam film ini, Joaquin Phoenix dianugerahi Aktor Utama Terbaik Piala Oscar.

Cruella (2021) 

Cruella De Vil adalah karakter jahat klasik dalam film 101 Dalmations, yang bangga menguliti anjing, hanya karena dia memiliki masa lalu yang buruk. Sosok ini diangkat ke layar lebar, yang menceritakan asal-usul masa lalunya, di mana karakternya diperankan oleh Emma Stone.

Nama aslinya adalah Estella, gadis muda dan pintar yang bertekad menjadi desainer terbaik di dunia mode. Namun hidup justru sangat keras kepadanya, dan membuat mimpinya sulit diwujudkan. Dia lalu tenggelam dalam kehidupan kriminal di jalanan London. 

Hidupnya berubah total ketika Estella berteman dengan legenda mode, Baroness von Hellman, di mana dia menjadi sosok jahat, dan berubah menjadi Cruella.

Tren film-film tentang para villain populer ini menjadi alternatif yang menarik di tengah banjirnya film-film superhero. Lewat kisah origin-nya, kita bisa memahami kenapa mereka berubah menjadi sosok yang jahat dan gelap. Bahkan kisah mereka pun mampu memberikan penonton nilai-nilai inspiratif.

Related

Film 2002865107009292289

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item