Ini 5 Resep Obat Alami Berbahan Buah Mahkota Dewa


Naviri Magazine - Sebagai tanaman obat, mahkota dewa kerap dimanfaatkan dan diolah untuk resep pengobatan. Berikut ini adalah beberapa resep pengobatan yang menggunakan buah mahkota dewa.

Mengatasi kanker 

Ambil sebagian buah mahkota dewa, diiris tipis, lalu keringkan. Ambil 5 gr daging buah mahkota dewa yang sudah kering, kemudian digabung dengan 15 gr temu putih. Setelah itu, campurkan bahan tersebut dengan 10 gr sambiloto kering serta 15 gr cakar ayam kering yang telah dibersihkan. 

Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, dan tunggu sampai airnya tinggal 3 gelas. Setelah itu, saring air rebusan tadi, dan dinginkan, lalu diminum beberapa kali.

Mengatasi diabetes 

Ambil 5-6 buah mahkota dewa yang sudah masak, lalu iris tipis, dan bersihkan. Rebus irisan tersebut dalam 5 gelas air, didihkan, dan tunggu sampai air rebusan tinggal 3 gelas. Saring air rebusan, dan dinginkan.

Mengatasi disentri 

Siapkan 5 buah mahkota dewa, dan diiris halus. Rebus irisan tersebut dalam 5 gelas air, dan tunggu sampai air tinggal separuh. Saring, dan dinginkan, lalu minumlah tiga kali sehari.

Mengatasi hepatitis 

Siapkan daging buah mahkota dewa kering, pegagan, sambiloto kering, dan daun dewa (semua dalam jumlah secukupnya). Cuci semua bahan sampai benar-benar bersih. Setelah itu, rebuslah semua bahan dengan 6 gelas air, dan tunggu sampai airnya tinggal separuh. Saring dan diminum sehari 3 kali.

Mengatasi reumatik 

Siapkan 5 gr daging buah mahkota dewa, 15 gr akar sidaguri, 10 gr sambiloto kering, dan 5 gelas air bersih. Rebus seluruh bahan sampai tinggal 3 gelas, lalu saring. Minum 3 kali sehari sebelum makan, setiap minum 1 gelas.

Catatan:

Meski memiliki aneka manfaat dalam menunjang kesehatan, bahkan dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional, namun buah mahkota dewa juga memiliki efek samping. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan buah mahkota dewa sebagai sarana pengobatan:

Mengonsumsi mahkota dewa secara berlebihan dan tidak sesuai dosis bisa menyebabkan kepala pusing, mengantuk, hingga sakit kepala yang parah.

Mengonsumsi buah mahkota dewa secara berlebihan juga bisa menyebabkan reaksi kejang dan kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan pingsan.

Buah mahkota dewa mengandung racun yang bisa menyebabkan penyakit untuk tubuh, karena itu dosis pemakaian dan cara konsumsi harus sesuai dengan aturan dari ahli perawatan herbal.

Penggunaan buah mahkota dewa sebagai obat sebaiknya dilakukan dengan pengawasan ahli perawatan tradisional. Hal ini diperlukan untuk menghindari semua risiko dari beberapa efek samping buah mahkota dewa yang dapat timbul. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi buah mahkota dewa, sebaiknya lakukan dengan bijak dan mengikuti aturan dari ahlinya.

Related

Health 2415718785680827685

Recent

item