Ini 8 Makanan yang Membantu Meredakan Masalah Wasir


Naviri Magazine - Wasir telah menjadi masalah kesehatan sangat umum saat ini, yang dialami oleh pria maupun wanita. Para penderita wasir biasanya orang-orang yang terlalu lama duduk, atau terlalu lama berdiri. Selain itu, faktor makanan kadang juga menyebabkan wasir, atau keturunan. 

Wasir atau ambeien terjadi karena adanya pembuluh darah yang bengkak dan meradang, di dalam atau di luar bagian bawah anus. Gejala wasir ditandai rasa nyeri di sekitar dubur (saat dan setelah tinja keluar), rasa gatal pada dubur, dan perdarahan. 

Wasir bisa sangat menyakitkan ketika Anda memberikan tekanan pada daerah dubur. Jika penderita wasir mengalami sembelit, kotoran (feses) yang menumpuk sering kali sangat menyakitkan saat keluar.

Untuk mengatasi wasir—apalagi yang sudah cukup akut—tentu menghubungi dokter, untuk menerima saran terbaik. Seiring dengan itu, Anda bisa meredakan wasir dengan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat mengatasinya. Berikut ini di antaranya.

Jus lobak

Mengonsumsi jus lobak bisa meredakan wasir Anda. Jika belum pernah mengonsumsinya, Anda bisa mulai mengonsumsi seperempat gelas jus lobak, kemudian secara bertahap ditingkatkan menjadi setengah gelas. 

Kulit delima

Secara tradisional, kulit delima telah lama dikenal sebagai salah satu obat penyembuh wasir. Untuk menggunakannya, rebuslah kulit delima, kemudian saring ampasnya. Cairan hasil rebusan kulit delima bisa diminum dua kali dalam sehari.

Jeruk nipis dan jahe

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab wasir. Karenanya, untuk mencegah dehidrasi, Anda bisa mencampur segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis, kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan itu secara teratur dua kali sehari agar tetap terhidrasi.

Buah ara

Serat dalam buah ara sangat efektif untuk menyembuhkan sembelit dan wasir. Untuk menggunakannya, ambil buah ara kering secukupnya, kemudian rendam dalam segelas air selama satu malam. Setelah itu, minumlah setengah air tersebut pada pagi dan malam hari.

Kunyit

Rempah-rempah, termasuk kunyit, memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Anda dapat membuat ramuan sederhana dengan merebus akar kunyit, dan meminum air rebusan tersebut setiap hari. Cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan masalah wasir secara alami.

Pepaya

Pepaya mampu membantu meredakan sembelit dan memperlancar sistem pencernaan. Karenanya, jika Anda mengalami sembelit, segera konsumsi pepaya agar wasir tidak bertambah parah.

Pisang

Selain pepaya, pisang juga ampuh untuk mengatasi sembelit. Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, pisang juga mampu mengurangi sembelit, karena dapat menormalkan fungsi usus besar dalam menyerap air. 

Related

Health 5442031796867773329

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item