Kisah Achmad Zaky: Bangkrut Jualan Mi Ayam, Akhirnya Sukses Rintis Bukalapak


Naviri Magazine - Perjuangan Achmad Zaky merintis situs e-commerce besar Bukalapak patut diacungi jempol.

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 itu mendirikan situs e-commerce Bukalapak pada 2010 bersama dua temannya, Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. Bukalapak ternyata dibangun dengan modal Rp80.000.

Zaky mengatakan, uang Rp80.000 itu dipakai untuk membeli alamat situs web yang dipakai Bukalapak, sampai sekarang. Kesuksesan Zaky sebagai CEO Bukalapak bukanlah perkara yang mudah diraih.

Bermodal  pengalaman membangun sistem IT di berbagai perusahaan besar, dia kemudian berpikir membuat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi orang banyak dengan merintis Bukalapak.

Code base Bukalapak diselesaikan dalam waktu dua bulan. Awalnya, Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak. Tetapi, respons yang diberikan mereka sangat kecil. Klien pertama yang ia dapat justru dari pedagang kecil.

Pada 2011 lalu, dia sempat putus asa karena kehabisan modal. Apalagi calon mertuanya juga tidak yakin jika Bukalapak memberikan penghasilan yang stabil.

Meski demikian, pria asal Sragen itu tidak tega melihat ribuan UMKM yang bergantung pada platform tersebut. Dia pun akhirnya menempuh berbagai cara untuk mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia.

Perjuangan Zaky dan teman-temannya pun berhasil hingga Bukalapak menjadi unicorn atau startup dengan valuasi US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun (kurs Rp14.000) pada 2018.

Zaky menempati posisi Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak sejak berdiri hingga akhir tahun 2019. Posisinya kemudian digantikan oleh Rachmat Kaimuddin.

Sebelum merintis situs Bukalapak, Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Dia juga sempat mencoba usaha kuliner mi ayam, namun bangkrut.

Zaky mengenal dunia teknologi sejak SD. Sejak kecil, dia tumbuh bersama komputer dan buku-buku yang berhubungan dengan pemrograman

Pada tahun 2004, Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. Zaky sempat meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat selama dua bulan, pada tahun 2008. Selain itu, ia juga pernah mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

Related

Figures 8625268660910151482

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item