Mengapa Orang yang Pedekate Senang Merayu? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Naviri Magazine - Pedekate adalah istilah atau singkatan untuk menyebut pendekatan. Pendekatan yang dimaksud di sini adalah upaya pendekatan seseorang (biasanya pria) kepada orang lain (wanita). Di banyak kultur, khususnya di Indonesia, pria kerap menjadi pihak yang aktif mendekati, sementara wanita menjadi pihak yang lebih pasif atau yang didekati. Meski ada pula beberapa wanita yang berinisiatif mendekati.

Dalam upaya pedekate, kita pasti tahu bahwa pria juga sering melakukan rayuan atau flirting, dalam rangka menarik perhatian si wanita. Dari pujian, kata-kata manis, dan semacamnya. Jika si wanita tertarik pula pada si pria, maka mereka pun biasanya bersepakat untuk menjadi kekasih.  

Bagi sebagian orang, kata “flirting” memiliki konotasi negatif, terlebih bila hal ini dilakukan orang yang sudah berpasangan. Ada anggapan bahwa flirting tidak jauh-jauh dari niatan seksual. Padahal, ada beberapa hal lain yang menjadi motif seseorang melakukan flirting.

Motif-motif orang melakukan flirting ini dikemukakan di NIU Today oleh Profesor di Departemen Komunikasi Northern Illinois University, David Henningsen, dalam artikel bertajuk “Why We Flirt”. Memang benar, ada motif yang disebut Henningsen sebagai upaya membuat kontak seksual, terlebih bagi laki-laki. 

Namun, ada juga motif lain, yakni untuk membuat hubungan menjadi lebih dekat. Ada kalanya sepasang teman melakukan flirting dengan tujuan menjalin relasi romantis, seperti dalam kasus Joni dan Lea. Flirting dianggap mampu meningkatkan keintiman.

Selanjutnya, flirting dianggap sebagai cara “tes ombak” dan mengeksplorasi sosok yang didekati. Tidak semua orang bernyali dan senang menyatakan rasa suka secara gamblang kepada orang lain. Lewat flirting, ia bisa mengira-ngira apakah yang didekati merespons dengan positif atau tidak.

Dari kacamata evolusi, Steven W. Gangestad, Ph.D., psikolog evolusi dari University of New Mexico, Albuquerque, mengatakan di Psychology Today, “Flirting adalah proses negosiasi yang muncul setelah ada ketertarikan awal… Serta-merta mengatakan ‘saya tertarik kepadamu, apakah kamu tertarik kepada saya’ tidak begitu mujarab untuk menciptakan ikatan bagi dua orang. Akan lebih baik bila mengungkapkan ketertarikan dengan perlahan-lahan.”

Di samping itu, flirting dianggap sebagai cara yang lumrah dilakukan untuk tujuan perkembangbiakan. Dikatakan dalam tulisan di Scientific American, akan menguntungkan bagi laki-laki yang mengirimkan sinyal ketertarikan bila ia mendapat respons dari perempuan yang dituju. 

Bila ia menerjemahkan respons si perempuan sebagai hal yang positif, ia tak perlu buang-buang tenaga dan waktu untuk selanjutnya melakukan perkawinan. Namun, bila yang terjadi adalah sebaliknya, si laki-laki salah membaca tanda, dia akan kehilangan kesempatan kawin sehingga berpengaruh terhadap proses penerusan keturunannya. 

Lebih lanjut mengenai flirting sebagai cara mengeksplorasi seseorang, Henningsen berpendapat, “Keindahan flirting terletak pada ambiguitasnya. Bila usaha flirting berujung hal yang tidak diharapkan, ambiguitas flirting membuat seseorang mengklaim mereka tidak benar-benar serius melakukannya [mendekati orang lain secara romantis]. Dengan demikian, informasi tentang orang lain bisa diperoleh tanpa harus seseorang kehilangan mukanya.”

Flirting juga dipandang Henningsen sebagai cara bersenang-senang. Selain mendapat kesenangan, flirting dapat pula memompa penilaian diri seseorang dan orang yang didekati. Kerap kali, flirting melibatkan sanjungan atau ekspresi kekaguman terhadap orang lain. 

Di sisi orang yang didekati, hal ini bisa membuatnya merasa lebih berharga, karena ada sisi dirinya yang menjadi daya pikat bagi orang lain. Sementara di sisi orang yang melakukan flirting, respons positif dari orang yang didekati juga bisa mendongkrak penilaian diri karena orang lain menganggapnya atraktif.

Related

Romance 3095452484782007038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item