Mengapa Tes Antigen Bisa Positif Gara-gara Air Kran? Ini Penjelasan Dokter


Naviri Magazine - Jagat media sosial sempat viral dengan postingan sebuah akun tentang tes antigen. Unggahan dari akun instagram @smart.gram memperlihatkan seorang satpam yang melakukan tes antigen dengan air keran.

Diduga, aksinya ini ingin mengetahui seberapa akurat alat swab tersebut dalam mendeteksi Covid-19 selama ini.

Setelah ditunggu beberapa menit, tes swab antigen Covid-19 menunjukkan positif. Pemilik video kemudian mengancam kepada para petugas yang melakukan tes karena ia merasa dibodohi.

Dalam hal ini, dokter Adam Prabata, Kandidat PhD Ilmu Kedoteran asal Indonesia di Universitas Kobe, menanggapi unggahan tersebut. 

Menurut dokter Adam, kemunculan hasil positif pada tes air keran disebabkan karena air keran dengan pH-nya berbeda dengan buffer yang biasa digunakan untuk sampel tes antigen. Hal ini yang kemudian membuat alat tes Covid-19 menjadi rusak dan menimbulkan hasil False Positif. 

"Karena penggunaan air keran untuk tes antigen tidak sesuai dengan prosedurnya yang bisa menyebabkan alatnya jadi rusak dan menimbulkan false positif," ujar dokter Adam.

"False positif artinya hasil tes antigen positif padahal sebenarnya tidak ada virus penyebab Covid-19," imbuhnya. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat perlu berhati-hati dalam memilah informasi.

"Hati-hati dengan informasi yang muncul dari penggunaan tidak tepat seperti ini, ya," tandas dokter Adam. 

Related

Indonesia 6142431923325093000

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item