Mengenal Big Data dan Memahami Fungsinya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Istilah “big data” mengemuka akhir-akhir ini, dan bisa jadi sebagian orang bertanya-tanya apa sebenarnya yang dimaksud dari istilah tersebut. Jika diterjemahkan, “big data” memiliki arti “data besar”. Tapi data tentang apa, dan mengapa akhir-akhir ini menjadi topik di mana-mana?

Untuk membahami big data secara mudah, kita bisa melihat aplikasi Google Maps yang ada di ponsel kita. Ketika kita berkendara, dan menghadapi jalanan yang macet, aplikasi Google Maps itu menunjukkan garis warna merah.

Garis berwarna merah yang menjadi pertanda pada jalur di Google Maps adalah sekumpulan data yang dimiliki Google. Mulai data dari pencitraan satelit, berbagai sensor yang dipasang di jalanan, hingga input para pengguna Google Maps yang dideteksi oleh Google melalui GPS yang diaktifkan pada ponsel pintar pengguna. 

Untuk skala yang lebih luas, Anda tentu sering kan menerima notifikasi dari Google yang meminta Anda mereview kondisi jalanan yang Anda lewati? Secara sederhana, itulah yang disebut big data. 

Big data adalah kumpulan data atau informasi dalam jumlah yang sangat besar, dan memiliki jenis yang beragam. Situsweb apa yang Anda kunjungi, apa yang Anda klik, berapa lama Anda berkunjung di sebuh situsweb, kemana Anda mengetik tujuan melalui Google Maps, apa yang Anda beli via situs jual-beli Online, dari mana ke mana saat Anda bepergian menggunakan Go-Jek atau Uber, apa saja aplikasi yang terinstall di ponsel pintar, dan lain-lain semacamnya. 

Selain itu, apa pun yang Anda posting di Facebook atau Twitter, di mana saja Anda tag-lokasi, dan berapa banyak foto selfie yang Anda upload ke Instagram, merupakan hal-hal yang kita anggap remeh temeh namun termasuk informasi yang berguna bagi big data. Ini menentukan pola bagaimana Anda hidup di dunia serba digital saat ini. 

Manusia modern yang hidup hari ini dalam bayang-bayang internet, merupakan “responden” bagi perusahaan-perusahaan teknologi untuk menjaring data.

Dalam dunia WWW atau world wide web, big data telah sangat kuat mengakar, misalnya saat seseorang berpindah dari situsweb satu ke situsweb lainnya, dengan tema-tema teknologi. 

Dengan mengumpulkan data kebiasaan tersebut, Google, yang telah menempatkan jaring datanya di hampir semua situsweb di seluruh dunia, memperoleh kesimpulan terhadap Anda: apakah Anda orang yang suka dengan dunia teknologi, atau yang lainnya. Kesimpulan tersebut bisa Google “jual” pada calon pengiklannya, yang ingin memasarkan produk-produk pelbagai teknologi. 

Kemudian, saat Anda berkunjung ke situs apapun, melalui sistem iklan Google Adsense yang ada di hampir semua situsweb, Google akan menampilkan iklan berbau teknologi tepat di depan mata Anda. Lagi-lagi, itulah big data. 

Sebagaimana diungkapkan oleh Andrew McAfee dalam tulisan berjudul “Big Data: The Management Revolution”, ada tiga hal yang signifikan jika kita merujuk big data. 

Pertama adalah Volume. Big data adalah buah dari revolusi digital yang saat ini sedang melanda dunia. McAfee mengungkapkan bahwa tercipta 2,5 exabytes setiap harinya. Setiap 40 bulan, angka tersebut meningkat dua kali lipat. 

Sebagai contoh, salah satu perusahaan retail yang menghasilkan data dalam jumlah besar adalah Walmart. Perusahaan tersebut menghasilkan 2,5 petabyte setiap jam dari para pelanggannya. Dengan data yang besar tersebut, Walmart bisa menganalisis tingkah laku belanja pelanggannya dengan lebih baik. 

Kedua adalah Velocity. McAfee mengungkapkan, kecepatan mampu membuat peluang bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan lebih baik daripada saingannya. Big data, selain menyajikan data atau informasi yang besar, ia harus pula memberikan analisis yang cepat. 

Misalnya pekan lalu ada libur Paskah, minggu depan kita dihadapkan dengan Isra Mi’raj, dan minggu depannya lagi akan ada perayaan hari buruh. Program yang menarik apa yang harus diluncurkan toko online dalam menghadapi tiga akhir pekan panjang tersebut? Big data dengan sifat velocity, mampu mengatasi permasalahan ini. 

Baca lanjutannya: Mengenal Big Data dan Memahami Fungsinya (Bagian 2)

Related

Technology 2392857707224351801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item