Romantika Perkawinan: Bagaimana Rasanya Hidup Serumah dengan Mertua?


Naviri Magazine - Pasangan yang telah menikah umumnya ingin tinggal di rumah sendiri, membangun rumah tangga sendiri, serta belajar menata keluarga sendiri. Beberapa pasangan memang telah menyiapkan rumah sebelum menikah, sehingga langsung bisa tinggal di rumah sendiri begitu menikah. 

Pasangan lain memilih mengontrak rumah, sambil berharap bisa membeli rumah sendiri. Namun, ada pula pasangan yang terpaksa tinggal serumah dengan mertua.

Pasangan yang tinggal bersama mertua memang memiliki beberapa latar belakang. Bisa karena memang tidak/belum punya rumah sendiri, bisa pula karena salah satu dari mereka tidak ingin meninggalkan orang tua (misal orang tuanya sendirian, tak ada keluarga lain yang menemani). Apa pun latar belakangnya, tinggal serumah dengan mertua memiliki dampak positif maupun negatif.

Hal negatif terkait tinggal bersama mertua biasanya jika si mertua ikut campur dalam keluarga anaknya, atau bahkan sampai mengintervensi mereka. Hal semacam itu biasanya berpotensi menimbulkan perselisihan antara mertua dengan menantu.

Meski begitu, ada juga beberapa keuntungan yang didapat. Misalnya, tak perlu membayar ragam tagihan bulanan, atau setidaknya ada pihak yang membantu menjaga anak.

Harus menjaga perilaku, tutur kata, dan rajin membersihkan rumah. Ketiga hal tersebut juga wajib dilakukan ketika pasangan memilih tinggal dengan mertua. 

Ruang gerak terbatas memang problem yang harus diterima pasangan ketika harus tinggal bersama orangtua, selain juga masalah ekonomi. Mereka harus pandai-pandai membagi pemasukan untuk kebutuhan dua keluarga.

Dua hal inilah yang diduga menjadi alasan beberapa pasangan memilih menunda anak saat tinggal bersama mertua. Penelitian oleh Susanne Huber, dkk, yang diterbitkan Royal Society Open Science menunjukkan bahwa tinggal serumah dengan mertua bisa berdampak pada jumlah anak yang dimiliki pasangan. 

Peneliti dari Departemen Antropologi, University of Vienna di Austria tersebut memantau catatan medis lebih dari 2,5 juta wanita usia subur dari 14 negara di seluruh dunia. Analisisnya berbagai variabel, termasuk jumlah anak yang dilahirkan, usia istri, perkiraan periode reproduksi, dan intensitas campur tangan mertua dalam kehidupan pasangan.

Mayoritas di banyak negara, para pasangan memilih untuk “pisah” dari orang tuanya setelah menikah. Jumlah pasangan yang memilih tinggal bersama mertua masih banyak ditemukan di 13 negara termasuk Pakistan, Zambia, Romania, Brasil, dan Amerika Serikat (AS).

Hasil penelitian menunjukkan, pasangan yang memilih tinggal bersama mertua memiliki jumlah anak lebih sedikit dibanding mereka yang mandiri. Beban ekonomi ganda membuat mereka memilih tidak punya anak banyak-banyak.

Orangtua Bantu Perekonomian Anak

Meski penelitian tersebut mengungkapkan masalah ekonomi menjadi beban pasangan dalam memiliki anak, tak bisa dipungkiri bahwa tinggal bersama mertua pun memiliki beberapa keuntungan. Ada juga pasangan yang malah tak perlu membayar ragam iuran bulanan dan cukup membagi “sebagian kecil” pendapatan mereka.

Begitu pula dengan masalah keuangan. Mereka justru sering mendapat bantuan finansial dari mertua. Uang jajan sang anak juga didapat dari kakek-neneknya setiap bulan. 

Memang tak selamanya mertua menjadi beban ekonomi bagi menantu dan anaknya. Fakta ini ditunjukkan oleh survei lain yang dilakukan oleh Fidelity Investments, perusahaan jasa keuangan multinasional yang berbasis di Boston. Survei ini menemukan banyak kakek nenek membantu cucu mereka membayar kuliah. 

Hampir setengah dari mereka berharap dapat berkontribusi pada tabungan perguruan tinggi cucunya. Dan lebih dari sepertiga memberi $50 ribu atau lebih untuk cucunya. Para orang tua ini memilih tabungan khusus untuk kuliah cucunya ketimbang harus memberikan uang yang mungkin habis sia-sia. Tabungan tersebut bisa diambil hanya untuk biaya sekolah atau membeli buku. 

Related

Romance 5199315917426213192

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item