Sejarah dan Asal Usul Istilah ‘Sabotase’ hingga Dikenal Dunia


Naviri Magazine - Sabotase telah menjadi salah satu istilah yang dikenal, khususnya di Indonesia. Bahasa Indonesia mengenal istilah sabotase, sementara bahasa Inggris menyebutnya sabotage.

Dari manakah asal usul istilah itu?

Asal usul istilah sabotase atau sabotage dimulai ratusan tahun lalu, ketika revolusi industri mulai lahir ke dunia.

Di masa lalu, sebelum lahirnya era revolusi industri, seluruh pekerjaan dilakukan oleh manusia, atau alat-alat tradisional yang juga dijalankan oleh manusia. Pada waktu itu belum ada mesin.

Ketika akhirnya era revolusi industri lahir, mesin-mesin mulai digunakan untuk menggantikan tenaga manusia. Kenyataan itu menimbulkan masalah, karena kehadiran mesin menjadikan pekerja manusia terpinggirkan. Hasilnya adalah peningkatan jumlah pengangguran.

Karena kenyataan itu pula, para pekerja di masa itu melakukan protes terhadap keberadaan mesin-mesin yang menyisihkan mereka dari dunia kerja. Salah satu bentuk protes mereka adalah melemparkan sepatu-sepatu kerja mereka ke dalam mesin (umumnya mesin tenun), sehingga mesin tidak bisa bekerja, karena macet dan rusak. 

Dari situlah kemudian muncul istilah sabotase atau sabotage, hingga dikenal orang-orang di dunia sampai sekarang.

Related

Science 4254786201336668709

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item