Tak Perlu Panik! Bila Ban Mobil Pecah di Jalan, Lakukan Hal-hal Ini


Naviri Magazine - Memang, ban pecah saat kendaraan melaju di jalan raya adalah musibah. Dan itu bisa terjadi kapan saja, dimana saja. 

Bahkan sudah cukup banyak contoh kecelakaan yang terjadi akibat ban yang pecah saat dikendarai, meski saat kecepatan rendah sekalipun. Ini biasanya disebabkan oleh paniknya sang pengemudi ketika tiba-tiba roda menyentak seiring dengan meletusnya salah satu ban. Yang parah adalah pecahnya satu ban bagian depan, dimana kemudi akan menarik ke kiri bila yang pecah ban sebelah kiri dan sebaliknya.

Jalanan basah dan licin akan membuat lebih buruk. Pecahnya ban belakang biasanya lebih mudah diatasi. Kendaraan yang tinggi dengan ban standar seperti Kijang lebih rentan dalam situasi semacam ini karena lebih sukar dikendalikan, terutama pada kecepatan tinggi.

Untuk itu, kita perlu mengingat dan mempelajari dengan baik jurus-jurus penting berikut ini.

Bila ban pecah

Yang terpenting dan harus Anda ingat adalah jangan panik, dan jangan sekali-kali menginjak pedal rem. Rem akan membuat kendaran menukik dan memperparah hilangnya kontrol terhadap kemudi. Kedua kaki Anda sama sekali tidak boleh menginjak pedal apapun pada saat ini. Gunakan kedua kaki untuk menopang tubuh guna melakukan manuver berikutnya.

Kemudi akan menarik ke satu arah, namun Anda harus siap melawannya dan secara perlahan tapi pasti, putar ke arah sebaliknya, sampai posisi kendaraan lurus kembali, jangan mengoreksi terlalu banyak. 

Anda mungkin perlu lebih berkonsentrasi bila penumpang Anda turut panik dan berteriak. Biarkan mereka, karena nyawa Anda dan penumpang sepenuhnya ada di tangan Anda.

Pastikan bahu jalan dalam keadaan kosong. Arahkan kendaraan untuk menepi sambil memberi tanda terlebih dulu. Kurangi kecepatan dengan menurunkan gigi transmisi satu demi satu atau biarkan kendaraan bergulir sampai kecepatan cukup rendah dan Anda dapat menggunakan kembali rem dengan aman untuk berhenti total.

Jangan lupa menyalakan lampu peringatan (hazard warning).

Jadi kuncinya di sini adalah jangan panik, jangan injak pedal rem, dan lawan kemudi ke arah berlawanan. Lebih baik lagi bila setiap pagi sambil memanaskan mesin mobil, Anda senantiasa mengingat kunci-kunci di atas, sehingga bila saatnya tiba, manuver itu dapat dilakukan dengan baik. 

Pencegahan

Penyebab utama ban pecah di jalan raya adalah tekanan ban yang tidak sesuai. 

Belilah pengukur tekanan ban (tire pressure gauge) yang baik, kalau perlu pilih yang elektronik / digital karena lebih akurat dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Cocokkan angka yang diukur dengan angka yang diperoleh dari pengukur tekanan pada toko ban terkenal di kota anda. Anda perlu mengingat beberapa Psi perbedaannya, sehingga bisa menyesuaikan bila mengukur tekanan ban sendiri. Jangan mempercayai pengukur tekanan milik tambal ban pinggir jalan. 

Bila Anda memiliki alat pengukur elektronik / digital, ukurlah dengan alat milik Anda, karena kemungkinan malah lebih akurat dari pengukur biasa yang digunakan setiap hari.

Biasakan untuk mengukur tekanan ban kendaraan Anda seminggu sekali dan segera menambah angin bila angka yang tertera mengalami penurunan lebih dari 4 Psi ataupun memperbaiki ban yang penurunannya sampai 6 Psi atau lebih di bawah normal. 

Penurunan sebesar itu biasanya disebabkan oleh kebocoran lambat akibat terkena paku kecil atau pentil yang sudah tidak bekerja dengan baik. Bila Anda sering melalui jalan tol, biasakanlah untuk memeriksa tekanan ban setiap pagi.

Ikuti petunjuk tekanan ban yang dianjurkan untuk pabrik kendaraan Anda, atau kalau tidak ada, ambil patokan 30 Psi. Ketika membawa beban penuh, terutama bila akan melewati jalan tol yang panjang, tambahkan 2 Psi lagi. 

Jangan melebihi tekanan maksimum ban yang biasanya 35 Psi, karena ini akan membuat usia ban lebih pendek dan hampir sama bahayanya dengan kekurangan tekanan. Plakat tekanan ban biasanya terletak di ruang mesin, kap bagasi, atau di tiang pintu dekat pengemudi.

Periksa alur ban, ban yang agak botak / tua akan lebih mudah meletus bila terkena batu tajam. Gantilah dengan ban baru demi ketenangan Anda.

Related

Tips 9155132979407306375

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item