Wow, Ilmuan Menciptakan Alat untuk Memproduksi Listrik dari Tubuh Manusia


Naviri Magazine - Sudah menjadi pengetahuan bersama, bahwa tubuh manusia mengandung listrik, bahkan menjadi penghantar listrik yang baik (konduktor). Kenyataannya, kalau kita menyentuh kabel yang memiliki aliran listrik, kita akan kesetrum. Hal itu berbeda dengan kayu, misalnya. Kayu termasuk isolator, atau penghantar listrik yang buruk, sehingga kayu tidak bisa menghantarkan listrik.

Jika tubuh manusia mengandung listrik, bagaimana caranya memproduksi listrik dari tubuh manusia?

Pertanyaan itu mungkin terdengar aneh, tapi para peneliti dari Laboratorium Federal Swiss, untuk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Material (Empa), berhasil menciptakan material baru yang dapat memproduksi listrik dari getaran tubuh manusia. Penemuan ini dapat diterapkan dalam dunia medis.

Material tersebut bekerja menghasilkan listrik saat diregangkan dan ditekan. Bentuknya tidaklah tebal, melainkan tipis, fleksibel, dan elastis.

Hal ini dimungkinkan berkat efek piezoelektrik. Umumnya, efek ini dapat dijumpai pada pemutar rekaman analog yang memainkan musik, membaca alur rekaman dengan jarum mekanis.

Kemudian, getaran jarum diubah menjadi impuls listik yang menghasilkan gelombang suara. Bagi pecinta piringan hitam, cara kerja ini sering Anda temui.

Dorina Opris dan koleganya di Empa membuktikan bahwa efek piezoelektrik tak hanya dapat dijumpai pada kristal, melainkan juga pada bahan elastis. Sayangnya, material tersebut sulit untuk diproduksi secara massal.

Untuk membuatnya, penggabungan nanopartikel polar dan silikon tidak mudah dilakukan. Medan listrik yang kuat dimasukkan ke dalam film elastis tipis agar mendapatkan efek piezoelektrik. Caranya dengan menguapkan material sampai suhu yang panas lalu didinginkan.

Bentuk material yang tipis dan elastis memungkinkan bahan organik ini ditempatkan di tubuh manusia. Penerapannya bisa digunakan untuk sensor tekanan, alat pacu jantung, dan peralatan medis lainnya.

"Materi ini bahkan mungkin bisa digunakan untuk mendapatkan energi dari tubuh manusia," kata Opris, seperti dikutip dari Science Alert. "Anda bisa menanamnya di dekat jantung untuk menghasilkan listrik dari detak jantung, misalnya.”

Para peneliti berharap, nantinya material buatan mereka dapat menyelamatkan jiwa manusia. Material tersebut bisa diletakkan di pakaian, tombol katrol, atau monitor, yang bisa dipakai untuk menghasilkan listrik dari gerakan pemakainya.

Tertarik untuk mencoba alat ini?

Related

Technology 5429674949766070995

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item