Wow, Indonesia Ternyata Punya 252 Jenis Sate dan 104 Macam Nasi Goreng!


Naviri Magazine - Sate adalah salah satu kuliner Indonesia yang banyak digemari oleh warga, dan umum ditemukan. Biasanya, sate yang terkenal adalah sate padang dan sate madura.

Namun, ternyata jenis sate di Indonesia jauh lebih banyak dari yang kita kira. Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan UGM, Murdijati Gardjito, mengungkap bahwa ada 252 jenis sate di Indonesia.

Dilansir dari laman UGM, 252 sate tersebut terbagi atas 175 ragam sate yang bisa ditelusuri asal-usulnya, dan 77 ragam sate yang tak diketahui asalnya.

Pakar kuliner ini mengatakan, 175 jenis sate bisa ditemukan di hampir semua wilayah di Indonesia, kecuali Lampung dan Mandar yang tak punya kuliner sate.

Daerah dengan ragam sate terbanyak adalah Yogyakarta, dengan 21 jenis sate. Disusul Semarang dengan 12 jenis sate, lalu Bali dan Pekalongan yang memiliki 11 jenis sate.

Bahan pembuatannya didominasi oleh daging sapi (48,05%), daging ayam (37,66%), dan daging kambing (20,77%).

"Dari ragam serta sebarannya yang luas, sate pun pantas menjadi salah satu produk kuliner yang merepresentasikan hidangan Indonesia," jelas Murdijati.

Selain sate, kuliner lain lain yang jenisnya cukup banyak di Indonesia adalah nasi goreng. Murdijati mengatakan, ada 104 jenis nasi goreng di Indonesia, dan paling banyak ditemukan di Jawa.

Related

Indonesia 6413121640815926399

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item