Asal Usul dan Perjalanan Musik Iron Maiden, Grup Musik Rock Berpengaruh di Dunia


Naviri Magazine - Band rock yang berasal dari Leyton, London Timur, Inggris, ini dibentuk sekitar 1975. Kelahiran Iron Maiden dimotori oleh Steve Harris (basis), yang sebelumnya bergabung dengan Gypsy’s Kiss dan Smiler. 

Steve Harris mendapatkan nama Iron Maiden dari melihat film lama berjudul The Man in the Iron Mask. Itu adalah sebuah peti mati besi, yang di dalamnya terdapat korban yang mati karena ditusuk dari lubang peti, seperti dalam atraksi sulap.

Secara umum, Iron Maiden adalah salah satu band yang sukses dan berpengaruh untuk genre heavy metal. Lebih dari 60 juta copy album telah terdistribusi ke seluruh dunia. Tiga belas album studio dan empat album kompilasi (berisi hits the very best), delapan album live, dan empat album dalam bentuk box-set (yang dijual secara terbatas) telah lahir dari tangan-tangan kreatif mereka.

Dalam kancah belantika musik rock dunia, Iron Maiden telah memberikan inspirasi bagi sub-genre musik heavy metal. Musik mereka mempengaruhi aliran power metal, speed metal, dan semua aliran musik metal yang memadukan harmonisasi dari dua gitar. Tak sedikit band pengusung heavy metal di penjuru dunia yang mencantumkan nama Iron Maiden dalam list referensi mereka.

Keunikan Iron Maiden semakin tampak jika kita melihat maskot seram “Eddie” yang kerap jadi cover dalam album-album mereka. Bahkan, setiap live show mereka, karenter horor itu tak pernah ketinggalan muncul di panggung. Karakter Eddie yang bernuansa horor ini pertama kali dilukis oleh Derek Riggs. Namun, setelah dipermak oleh Melvyn Grant, terlihat menjadi lebih hidup dan semakin “mengerikan”.

Sebenarnya, lagu-lagu Iron Maiden tak lahir dari imajinasi yang vakum. Dalam membuat lagu, mereka banyak terisnpirasi kisah-kisah patriotik, seperti Alexander The Great. 

Selain itu, kelahiran lagu mereka juga terispirasi dari dongeng-dongeng rakyat yang berasal dari film dan buku, seperti lagu The Clansman, The Wicker Man, The Prisoner, Where Eagles Dare, Out of the Silent Planet, dan To Tame A Land (diangkat dari karya Frank Herbert yang berjudul Dune). Bahkan, salah satu lagunya yang berjudul Rime of The Ancient Mariner adalah kutipan syair dari kumpulan puisi Samuel Taylor Coleridge. Ini adalah kreativitas yang unik, tak mudah ditiru.

Beberapa kalangan atau mungkin Iron Maiden sendiri mengakui bahwa musik mereka sangat dipengaruhi oleh group band lawas, seperti Deep Purple, Yes, Wishbone Ash, Judas Priest, dan Black Sabbath. Akan tetapi, musik mereka sangat kental dengan aroma Punk, terutama pada awal kelahirannya.

Pada awal kelahiran Iron Maiden, Steve Harris mengajak beberapa temannya untuk bergabung menjadi personil: Tony Parsons (gitar), Doug Sampson (drum), dan Paul Di’Anno (vokal). Album pertama mereka berjudul Iron Maiden, dilepas ke pasar pada 1980. Meskipun proses rekamannya dilakukan terburu-buru, album ini sempat menjadi hits di Inggris. 

Sebelum merilis album kedua mereka yang bertajuk Killers (1981), Adrian Smith ikut bergabung dan mengisi posisi gitaris. Setelah itu, masuklah Bruce Dickinson yang menggantikan posisi Paul Di’Anno sebagai vokalis.

Pada 1983, Clive Burr yang bergabung pada 1979 mengundurkan diri, dan posisinya diganti oleh Nicko Mc Brain. Saat itulah lahir album Piece of Mind, sebuah album dengan konsep cerita bersambung dalam Seventh Son of a Seventh Son (1988). 

Di tahun yang sama, mereka tampil dalam show yang sangat spektakuler di Castle Donington Monsters of Rock Festival. Setelah itu, masuklah Janick Gers (1990) yang menggantikan posisi Adrian Smith, dan lahirlah album No Prayer for the Dying yang berisi hit single Bring Your Daughter to the Slaughter.

Iron Maiden memang tak seproduktif Metallica yang hampir setiap tahun melahirkan album baru. Akan tetapi, album yang mereka luncurkan selalu menjadi perhatian tersendiri bagi penggemar heavy metal. 

Salah satu album yang lahir pada 1992 bertajuk Fear of the Dark sangat diminati oleh penggemar heavy metal di seluruh dunia. Meskipun pada tahun selanjutnya (1993) Iron Maiden harus terpukul dengan hengkangnya Bruce Dickinson yang memilih untuk bersolo karir. 

Ketenaran Iron Maiden ternyata mempengaruhi larisnya album solo Bruce yang berjudul Balls to Picasso dengan lagu hits Tears of the Dragon. Semanjak itu, posisi Bruce digantikan oleh Blaze Bayley.

Karena Iron Maiden mulai tidak konsisten dalam melakukan tour, pada Februari 1999 Bayley pun cabut dari Iron Maiden. Peristiwa ini tentu sangat mengguncang Iron Maiden dan para penggemarnya. 

Akan tetapi, Bruce Dickinson dan Adrian Smith ternyata bersedia bergabung lagi. Ini artinya line up sukses mereka pada 1980-an terbentuk kembali. Formasi ini membuat Iron Maiden semakin unik, karena memiliki trio gitaris handal, Dave Murray, Adrian Smith, dan Janick Gers. Mereka pun sepakat membuat sebuah tour reuni.

Memasuki era millennium, Iron Maiden membuat album-album yang lebih progresif dari yang terdahulu. Pada 2000, lahirlah album Brave New World dari tangan mereka. Ini adalah album yang berisi lagu-lagu berdurasi panjang dengan lirik bernuansa horor, serta memuat kritik sosial. Di tahun 2001, mereka juga tampil dalam festival Rock in Rio di Brazil yang dahsyat itu.

Iron Maiden terus eksis dengan heavy metal. Pada 2003, mereka melahirkan album Dance of Death, yang meraih platinum di beberapa negara, sehingga layak disebut sebagai salah satu band metal terbaik yang pernah ada. Kemudian, pada 2006 mereka mengeluarkan album bertajuk A Matter of Life and Death. 

Discography:
  • Iron Maiden (1980)
  • Killers (1981)
  • The Number of the Beast (1982)
  • Piece of Mind (1983)
  • Powerslave (1984)
  • Somewhere in Time (1986)
  • Seventh Son of a Seventh Son (1988)
  • No Prayer for the Dying (1990)
  • Fear of the Dark (1992)
  • The X Factor (1995)
  • Virtual XI (1998)
  • Brave New World (2000)
  • Dance of Death (2003)
  • A Matter of Life and Death (2006)

Related

Music 3387651265649138801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item