Benarkah Pencipta Bitcoin Sebenarnya adalah Ilmuwan John Nash? Ini Fakta-faktanya


Naviri Magazine - Sejumlah teori yang tersebar di internet mengklaim bahwa ekonom dan matematikawan Amerika terkenal, John Forbes Nash Jr., adalah Satoshi Nakamoto. Ada banyak bukti tidak langsung yang memicu beberapa penelitian tentang kemungkinan bahwa Nash adalah pencipta Bitcoin. 

Selama dekade terakhir, ada berbagai macam individu yang orang curigai sebagai penemu Bitcoin. Pada 2014 dan 2015, sejumlah orang menerbitkan penelitian yang mengklaim ekonom dan ahli matematika terkenal John Forbes Nash Jr. menciptakan teknologi blockchain.

Nash cukup populer karena berbagai alasan, terutama kontribusinya terhadap ekonomi, matematika, dan sistem kompleks yang ditemukan dalam teori permainan. Jenius matematika itu juga terkenal karena film pemenang penghargaan A Beautiful Mind, yang merupakan interpretasi biografis dari hidupnya.

Nash juga seorang pemenang hadiah Nobel untuk karyanya di bidang ilmu ekonomi, dan ia memperoleh gelar Ph.D. dengan disertasi tentang permainan non-kooperatif. Beberapa tahun yang lalu, Nash dianggap sebagai “tersangka utama” dalam misteri Satoshi Nakamoto, dan sejumlah penggila bitcoine telah mencoba menambatkan kedua individu tersebut.

Beberapa orang menduga bahwa Nash mungkin membantu proyek tersebut, dan berasumsi bahwa bitcoin mungkin dibuat oleh sekelompok orang jenius. Misalnya, pada pertengahan Juni 2015, penulis Travis Patron menulis tajuk rencana berjudul “Apakah Ahli Matematika John Nash Membantu Menciptakan Bitcoin?” yang mengajukan pertanyaan.

Teori lain, seperti banyak lainnya selama waktu itu, berbicara tentang makalah yang ditulis Nash berjudul “Uang Ideal” yang diterbitkan oleh Nash dalam berbagai kesempatan antara tahun 1994 hingga 2008.

“Nash menggambarkan cita-cita uang ini sebagai sesuatu yang dapat memberikan jalan keluar tabungan global bagi orang-orang, yang jika tidak akan terkena ‘uang buruk’, atau uang yang diperkirakan akan kehilangan nilainya seiring waktu dalam kondisi inflasi,” tulis Patron.

Pada tahun 1994 dan selama hampir satu dekade, John Forbes Nash Jr. tergila-gila dengan makalah “Uang Ideal” yang telah dia tulis, dan sejumlah orang percaya ada kesamaan antara bitcoin dan konsep uang ideal Nash.

Makalah peraih Nobel itu tentang uang ideal menjadi sejumlah berita utama utama di pers setelah dia menerbitkan karyanya. Satu judul, khususnya, dijuluki “Ekonom Nobel Mengatakan Mata Uang yang Lebih Stabil,” diterbitkan di situs web Universitas Fordham, satu setengah bulan sebelum Satoshi menerbitkan buku putih Bitcoin pada 2008.

Penelitian Patron menjelaskan dua makalah lagi yang selaras dengan jaringan bitcoin, termasuk pidato tentang uang ideal yang diterbitkan di Jurnal Ekonomi Selatan, dan makalah lain dari tahun 2002.

Postingan di Reddit, yang ditulis sekian tahun lalu, menggambarkan bagaimana Nash adalah pencipta Bitcoin. “John adalah ahli kriptografi pemenang penghargaan, ahli matematika, dan ekonom pemenang hadiah Nobel,” tertulis pada saat itu. “Fakta ini adalah kunci dalam memahami kejeniusan di balik bitcoin karena ketiga aliran pemikiran itu bersatu.”

Orang lain menambahkan, “Dia telah beroperasi dengan beberapa identitas palsu ‘penderita skizofrenia’ di internet sejak tahun 90-an. Zona waktu/lokasi geografisnya, akses ke komputer di fakultas di Princeton (untuk penambangan bitcoin awal), dan kejeniusannya, semuanya paralel dengan apa yang telah kita ketahui tentang Satoshi Nakamoto, termasuk gaya tulisannya, yang juga cocok.”

Selain postingan di Reddit, penerbit anonim dari portal web yang dijuluki “Kerajaan Keuangan Bawah Tanah” juga merilis tajuk rencana yang mengklaim bahwa John Nash adalah Satoshi Nakamoto. Penulis tak dikenal itu juga mengatakan bahwa ada kemungkinan Nash bekerja dengan Nick Szabo dan Wei Dai selama periode penciptaan.

Editorial itu berbicara tentang sebuah surat yang ditulis Nash pada tahun 1955 kepada Badan Keamanan Nasional (NSA), yang dibuka beberapa tahun kemudian oleh badan intelijen tersebut. Surat Nash menggambarkan “mesin enkripsi rancangannya”, yang tidak menarik minat NSA, dan proyek itu segera dilupakan. Penulis tersebut mengatakan bahwa surat itu cukup merangkum fakta bahwa Nash mungkin adalah penemu bitcoin.

“Orang ini (John Nash) memenuhi setiap penanda Satoshi, dan lebih banyak lagi. Dia telah menulis ulang ekonomi, mendefinisikan perlombaan enkripsi 50 tahun yang lalu,” katanya. “Dia telah berkeliling dunia, berbicara tentang jenis baru teknologi uang, dan bagaimana hal itu akan memberi orang ‘kekuatan’ vs ‘skema’ pencetakan uang oleh pemerintah.”

Editorial dilanjutkan:

“[John Nash] adalah Satoshi, tidak ada yang tersembunyi, semuanya terlihat jelas. Ini masuk akal 100% sekarang, tetapi 20 tahun yang lalu ketika kuliah diberikan, itu benar-benar omong kosong. Bagaimana Anda menjelaskan kepada populasi dunia bahwa segala sesuatu akan berbeda karena apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana Anda membaginya perlahan-lahan sebelum mereka mencabik-cabik Anda karena ketakutan?”

Dalam suratnya kepada NSA, Nash berkata: “Saya berbicara tentang proyek penelitian yang belum sepenuhnya selesai, karena saya belum menulis dan mengirimkan makalah atau makalah apa pun yang menjelaskan pekerjaan itu untuk diterbitkan. Selain itu, detail aksioma apa yang akan digunakan, dan bagaimana memilih teori himpunan dasar yang mendasari perluasan hierarki yang akan dibangun tidak sepenuhnya terkristalisasi. ”

Ada juga sejumlah teori lain tentang dugaan hubungan Nash dan Satoshi pada akhir Mei 2015. Nash dan istrinya tewas dalam kecelakaan mobil pada 2015. Dan setelah dia meninggal pada 23 Mei, para penggila bitcoin mulai mencari tahu lagi.

John Forbes Nash Jr. dan istrinya meninggal dalam kecelakaan mobil yang parah di New Jersey Turnpike pada 23 Mei 2015.

Para pendukung bitcoin mulai membahas teori itu di Bitcointalk.org setahun sebelumnya, pada September 2014. Gagasan menarik ini menghubungkan Nash dengan identitas Satoshi, dengan banyak bukti tidak langsung dan banyak spekulasi. 

Spekulasi Nash bermula setelah pemilik Bitcointalk.org, Theymos, menerima email palsu yang telah disusupi dari alamat email GMX Satoshi selama minggu pertama bulan September.

Bertahun-tahun telah berlalu sejak teori ini beredar di web, dan penyaringan sepertinya telah berhenti setelah Nash meninggal dunia. Internet penuh dengan teori yang orang-orang miliki, tersusun untuk mengikat kedua jenius itu bersama-sama, tetapi tidak ada yang bisa memastikan.

John Forbes Nash Jr. pasti memiliki pengetahuan untuk membuat bitcoin. Tetapi sekarang, setelah dia pergi, itu akan lebih sulit untuk dibuktikan, mirip dengan teori misterius lainnya. 

Related

Mistery 2083116622574155327

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item