Inilah Buku-buku Favorit yang Direkomendasikan Bill Gates


Naviri Magazine - Banyak orang yang mengagumi Bill Gates. Selain dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates juga seorang jenius yang menciptakan Windows, yang memungkinkan kita bisa memiliki dan mengoperasikan komputer secara mudah. Karena itu pula, banyak orang yang tentu ingin bisa seperti Bill Gates. Tapi bagaimana caranya?

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meniru seseorang adalah dengan membaca buku-buku yang ia baca. Dengan cara itu, setidaknya kita mendapat pengetahuan serupa dengan yang ia dapatkan. Untuk bisa meniru Bill Gates, langkah itu bisa dilakukan, yakni membaca buku-buku yang dibaca olehnya. Dalam hal itu, Bill Gates termasuk salah satu orang yang sering berbagi buku bagus yang dibacanya.

Bill Gates memberikan rekomendasi buku favorit terbarunya, yang berjudul "Enlightenment Now”, karya Steven Pinker. Buku ini mengajak para pembacanya merasa optimistis tentang kehidupan.

Hal favorit dari 'Enlightenment Now'

Dalam bukunya, Pinker yang seorang profesor psikologi di Harvard University dan telah menulis 10 buku, menyajikan 'gambaran besar kemajuan manusia'. Hal tersebut ditunjukkan dari data kehidupan, kesehatan, kemakmuran, keamanan, kedamaian, pengetahuan, dan kebahagiaan, yang berkembang di seluruh dunia.

"Dunia semakin membaik. Meski tidak selalu terasa seperti itu, saya senang kita memiliki pemikir cerdas seperti Steven Pinker untuk membantu kita melihat gambaran besarnya," tulis Gates dalam ulasannya. "'Enlightenment Now' bukan hanya buku terbaik yang pernah ditulis oleh Pinker. Ini adalah buku favorit baru saya sepanjang masa."

Namun, ada satu topik yang tidak senada dengan keyakinan Gates, yaitu tentang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Dia cepat menolak gagasan tentang robot yang menggantikan manusia yang menciptakan mereka. Sementara saya tidak berpikir kita berada dalam bahaya seperti skenario di film 'Terminator'. Pertanyaan yang mendasari rasa takut itu (adalah) 'siapa yang mengendalikan robot?'," jelasnya.

Gates kemudian berpendapat pembicaraan mengenai siapa pemilik teknologi kecerdasan buatan dan siapa yang mengendalikannya, akan menjadi isu penting bagi dunia untuk ditangani.

Buku favorit lain

Gates juga merekomendasikan buku selain 'Enlightenment Now', seperti 'The Best We Could Do' karya Thi Bui, dan 'Evicted: Poverty and Profit in the American City'.

"Ini sangat menenangkan, saya banyak melakukan pekerjaan, dan membaca buku jadi seperti 'hadiah'. Tapi saya harus berhati-hati. Menonton video di Amazon atau Netflix benar-benar dapat menghabiskan waktu membaca saya," tulis Gates, dilansir Time.

Related

Books 3338830625342689384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item