Kisah Penemuan 3 Kode Misterius yang Bikin Geger Dunia


Naviri Magazine - Suatu pengetahuan atau berita kadang disampaikan menggunakan kode-kode tertentu. Penggunaan kode itu bisa dilatari karena ingin merahasiakan berita atau pengetahuan yang disampaikan, atau bisa pula karena si pengirim dan si penerima tidak saling memahami. Keberadaan kode-kode semacam itu telah ada sejak zaman kuno, dan masih ada pula di masa modern.

Kini, dengan keberadaan internet, kode-kode misterius atau aneh semacam itu masih muncul sewaktu-waktu, dari tempat-tempat atau sumber yang tidak terduga. Berikut ini adalah tiga kode misterius yang sempat bikin geger di dunia, dan yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan maksudnya.

1. Cicada 3301

Pertama kali muncul di internet pada 2012, Cicada 3301 mengeposkan sebuah deretan angka yang menampilkan bentuk ngengat Cicada. Saat kode itu muncul, orang-orang di dunia maya berusaha memecahkan misteri pesan tersebut, dan menemukan petunjuk. 

Setiap kali petunjuk baru muncul, tiap orang dipaksa untuk keliling dunia untuk menemukan petunjuk tersebut secara langsung. 

Tidak hanya menampilkan deretan angka berbentuk aneh, grup misterius itu sering kali memberikan petunjuk yang merujuk kepada bentuk musik, teks filsafat, dan sastra terkenal. Banyak yang beranggapan cara tersebut digunakan oleh CIA dan NSA untuk merekrut anggota baru. 

Sampai saat ini belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab menyebarkan kode itu. Juga tidak ada orang yang mengakui telah berhasil memecahkan kode hingga selesai.

2. Voynich Manuscript

Voynich Manuscript adalah buku setebal 240 halaman yang sampai saat ini belum diketahui asal usulnya. Para ahli memperkirakan buku ini ditulis antara tahun 1404-1438. Tapi mereka belum mengetahui siapa penulis dan apa alasan buku ini ditulis. 

Voynich Manuscript ditulis dengan bahasa asing, dan dilengkapi gambar-gambar tanaman yang aneh. Ada banyak teori yang memperkirakan asal usul serta fungsi Voynich Manuscript. 

Beberapa orang percaya, buku ini adalah farmakope, berisi kegunaan tanaman untuk obat herbal sekaligus khasiatnya. Ilustrasi gambarnya terlihat seperti kombinasi antara benda astronomi dan tanaman, membuat beberapa orang lain percaya bahwa Voynich Manuscript terkait alien.

3. Voicemail misterius

Sebuah akun twitter @straydaway mengunggah screen record yang memperdengarkan rekaman suara dari voicemail tanpa nama yang didapatnya. Rekaman tersebut berisi kode-kode ejaan, yang setelah diterjemahkan ternyata panggilan darurat. Salah satu netizen ada yang coba menerjemahkan kode tersebut, dan isinya cukup menghebohkan, yaitu imbauan untuk evakuasi. 

Dalam pesan itu juga terdapat peringatan untuk berhati-hati, karena ada makhluk lain selain manusia. Entah makhluk lain itu siapa dan akan melakukan apa, masih belum jelas. Selain itu, pesan tersebut juga mengirimkan sebuah koordinat wilayah di sekitar hilangnya pesawat MH370. 

Related

Mistery 4161427814372015071

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item