Mengapa Listrik ‘Jepret’ Ketika Kulkas Dihidupkan? Mungkin Ini Penyebabnya


Naviri Magazine - Anda pernah mengalami keluhan seperti ini, atau bahkan sedang mengalaminya? Ketika kulkas dinyalakan, listrik rumah langsung turun atau jepret. Keluhan seperti ini disebabkan adanya konsleting pada kelistrikan kulkas, kerusakan part, dan rusaknya kompresor kulkas.

Namun dari sekian banyak kasus, yang paling sering terjadi disebabkan oleh kerusakan pada kompresor kulkas. Jepret pada listrik rumah ketika kulkas dinyalakan, disebabkan oleh ampere kompresor yang tinggi, tidak sesuai dengan ampere listrik rumah.

Kelebihan ampere kompresor ini karena sudah mengalami kerusakan. Yang perlu diingat ketika listrik jepret saat anda menghidupkan kulkas adalah dengan langsung mengambil tindakan pencabutan stop kontak.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya anda meminta bantuan tukang kulkas yang telah berpengalaman, penggantian kompresor menjadi langkah perbaikan paling benar.

Tidak melulu harus kompresor 

Kulkas jepret tidak melulu disebabkan oleh kerusakan kompresor. Kerusakan part dan konsleting kabel juga sering terjadi. Kabel listrik yang terkelupas sehingga menimbulkan arus pendek, juga bisa menjadi penyebab kulkas jepret. Segera periksa kabel colokan, pastikan kabel dalam keadaan baik.

Selanjutnya adalah karena ada part atau suku cadang kulkas yang rusak. Cek seluruh part yang ada pada kulkas untuk memastikannya. Part yang rusak juga sering kali membuat kulkas jepret, biasanya disebabkan oleh part yang hangus atau terbakar sehingga menimbulkan arus pendek.

Periksa relay atau overload kompresor. Jika anda melihat part tersebut hangus, segera ganti dengan yang baru. 

Related

Tips 8523341804449152829

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item