Menjadi Selebgram, Impian Anak Muda Kekinian: Terkenal dan Banyak Uang


Naviri Magazine - Selebgram adalah istilah untuk menyebut selebriti atau orang-orang terkenal di Instagram. Sama seperti YouTube yang melahirkan orang-orang terkenal, Instagram juga melahirkan sosok-sosok serupa, yaitu orang-orang yang semula bukan siapa-siapa, kemudian terkenal dan memiliki banyak pengikut. Keberhasilan itu tentu ditunjang dengan kemampuan menampilkan diri dan menjadi unik serta memiliki daya tarik.

Jika YouTube menyuguhkan video, Instagram menyuguhkan foto. Karenanya, orang-orang yang ingin menjadi selebgram pun harus mampu menampilkan foto-foto yang menarik, sehingga mampu menarik banyak orang untuk menjadi pengikut. 

Keinginan menjadi selebgram memang cukup sering terdengar, khususnya di kalangan anak muda zaman sekarang. Dengan pengikut sebanyak minimal 22 ribu, seorang instagrammer bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi influencer produk atau merek tertentu.

Uniknya, bukan hanya orang dewasa atau remaja yang dapat menjadi selebgram, bayi dan anak-anak juga bisa menjadi jutawan, sebagai selebgram. Dengan mengunggah foto dan menuliskan keterangan, seseorang dapat meraih ratusan ribu hingga puluhan juga rupiah.

Berbeda dari Facebook atau Twitter yang memang sudah lama digunakan sebagai kegiatan promosi oleh influencer, Instagram memiliki karakteristik yang unik, yaitu menitikberatkan pada fitur berupa foto dan video.

Dibandingkan kedua platform media sosial sebelumnya, seorang instagrammer memiliki kedekatan yang lebih dengan para pengikutnya. Mereka dapat menampilkan foto-foto berbagai kegiatan mereka, bercerita melalui keterangan foto atau video, dan berinteraksi dengan para pengikut.

CEO SociaBuzz, Rade Tampubolon, mengungkapkan bahwa fenomena munculnya selebgram terjadi karena Instagram itu visual.

"Awalnya Twitter, tetapi basic-nya Twitter kan teks," ujarnya. "Ternyata orang lebih senang melihat visual dan Instagram adalah tempatnya, dan semakin banyak juga orang mem-posting konten menarik."

Semakin unik, semakin menarik, atau bahkan semakin kontroversial unggahan seseorang di akun Instagramnya, maka semakin banyak pengikut yang akan mereka dapatkan. Selanjutnya, semakin banyak pengikut setia, hingga ratusan ribu atau jutaan. Maka bukan hanya produk-produk rumahan tetapi juga berbagai perusahaan besar yang akan melirik para selebgram itu untuk mempromosikan produk mereka.

Selebgram, menjadi bisnis yang menjanjikan. Seseorang dapat dikatakan sukses sebagai selebgram jika akun Instagramnya diikuti oleh lebih dari 1 juta pengikut, dan menarik banyak tanggapan berupa likes atau komentar.

Untuk menjadi selebgram, seseorang harus konsisten mengelola akun Instagramnya agar layak kunjung. Misalnya dengan pilihan konten, penjadwalan, serta memperhatikan estetika.

Related

Lifestyle 1472439651150548863

Recent

item