Perlu Tahu, Ini 6 Kriteria Kamar Mandi yang Sehat


Naviri Magazine - Kamar mandi merupakan bagian dalam rumah yang wajib diperhatikan. Tidak hanya kebersihannya, aspek kesehatan juga wajib ditekankan.

Kita wajib memiliki kamar mandi yang sehat agar virus, kuman, dan penyakit tidak berkembang biak dan menginfeksi diri kita. Ini dia kriteria kamar mandi sehat disadur dari Indonesian Toilet Association (ATI).

1. Aliran Air yang Bersih

Menggunakan air bersih adalah hal yang wajib diperhatikan paling utama. Lalu seperti apa kriteria air bersih yang dapat digunakan? Air tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Pastikan juga sistem drainase dalam kamar mandi Anda lancar dan tidak tersumbat ya.

2. Memiliki Pencahayaan yang Terang

Kamar mandi yang memiliki pencahayaan redup dapat menyimpan nyamuk. Selain itu, bisa juga menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Selain itu, kamar mandi yang gelap juga menghambat aktivitas dalam kamar mandi. Kamar mandi yang sehat harus memiliki pencahayaan yang cukup.

3. Ada Ventilasi Udara

Tidak hanya rumah secara keseluruhan, kamar mandi juga harus memiliki ventilasi. Hal ini digunakan untuk pertukaran udara. Apabila udara dalam kamar mandi lembab, akan membuat kamar mandi menghasilkan bau tak sedap,  maka bisa berpotensi mengganggu pernapasan kita.

4. Ada Tempat Sampah di Luar Kamar Mandi

Hal ini sering keliru dilakukan oleh sebagian orang, yakni penyediaan tempat sampah di dalam kamar mandi. Mungkin niat awal adalah untuk mempermudah dalam membuang sampah, tapi sebenarnya hal tersebut perlu diperhatikan. Sebab kamar mandi yang lembab tentu akan mempengaruhi bau sampah yang tersimpah di dalam kamar mandi.

Jangan membuang sampah pada selokan pada kamar mandi karena dapat tersumbat dan membuat banjir. Sediakan tempat sampah di luar kamar mandi (kalau bisa dekat dengan kamar mandi).

Jangan biarkan kamar mandi menghasilkan bau tak sedap karena tumpukan sampah.

5. Lubang Toilet Tertutup

Sisa kotoran di toilet bisa menjadi sumber bakteri yang menyebar dengan cepat. Usahakan toilet tetap tertutup jika tidak digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah bakteri dan sisa kotoran yang dapat bercamput dengan udara dan cipratan air.

6. Perlengkapan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Penggunaan bathtub dapat membuang-buang air. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika menggunakan perlengkapan kamar mandi yang dapat menghemat penggunaan air, seperti menggunakan jet washer atau shower. Gunakan air seperlunya agar kita bisa selamatkan dunia.

Itu dia 6 kriteria memiliki kamar mandi yang sehat. Selain wajib menjaga kebersihan dan kesehatan kamar mandi, kita juga perlu untuk menggunakan air secukupnya dan menggunakan peralatan mandi yang ramah lingkungan, agar kita dapat berkontribusi untuk menyelamatkan dunia.

Related

Property 5373510069252987483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item