Perlu Tahu! Pengguna Google Drive Bisa Memblokir User Lain, Begini Caranya


Naviri Magazine - Google Drive menjadi layanan penyimpanan berbasis cloud yang unggul dalam berbagai hal, termasuk kenyamanan bagi penggunanya dari menyimpan, menyinkronkan, dan mengedit file.

Akan tetapi kekuatan platform ini yang sebenarnya terletak pada aspek kolaboratifnya, terutama jika menggunakan beberapa penawaran layanan berbayar Google seperti Workplace atau G Suite Business.

Namun dari keunggulan tersebut, kebijakan berbagi Google Drive agak liberal karena tidak ada batasan atau konfirmasi lapis kedua untuk benar-benar berbagi sesuatu dengan orang lain.

Sehingga yang perlu dilakukan pengguna adalah memasukkan Gmail yang valid di user interface berbagi, dan sumber daya itu akan muncul di bagian "Dibagikan dengan saya" pengguna lain.

Cara tersebut memungkinkan spam dan konten kasar lainnya masuk. Bahkan konten yang sudah dihapus pun masih tetap ada dan beberapa kali muncul di tempat lain. Hal ini tentu sangat menjengkelkan pengguna. 

Untuk itu, Google mengumumkan serangkaian pembaruan untuk meningkatkan kemampuan pengguna dalam mengatasi penyalahgunaan dan ancaman. Salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk memblokir pengguna Google Drive lainnya. 

Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna, baik yang berbayar ataupun menggunakan akun pribadi gratis untuk memblokir pengguna Google Drive lainnya.

Untuk memblokir pengguna lain, pengguna hanya perlu mengklik kanan pada beberapa konten tak diinginkan yang dibagikan oleh pengguna tersebut. Lalu tekan opsi "blokir". Ada tiga opsi berikutnya:

1. Blokir pengguna lain agar tidak membagikan konten apa pun di masa mendatang. Kontrol ini bisa menjadi kontrol yang berguna, misalnya jika pengguna lain memiliki riwayat mengirim spam atau konten yang tidak pantas.

2. Hapus semua file dan folder yang ada, yang dibagikan oleh pengguna lain. Ini adalah cara mudah untuk menyingkirkan semua spam atau konten kasar yang dibagikan dari pengguna tertentu pada satu waktu.

3. Hapus akses orang lain ke konten pribadi, meskipun sebelumnya kita telah membagikannya dengan mereka.

Hadirnya fitur ini dinilai cukup rapi, meskipun perlu dicatat; memblokir akun Google tertentu di Drive mungkin juga berakhir dengan memblokirnya di layanan Google lainnya.

Related

Internet 78369850255241758

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item