Rutin Membaca Buku ternyata Bisa Membantu Kita Berumur Panjang


Naviri Magazine - Ingin panjang umur? Kemungkinan hampir semua orang ingin memiliki umur panjang, hingga mereka pun berupaya menjaga kesehatan dan rutin berolah raga. Selama ini ada banyak resep agar panjang umur, dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, diet yang baik, rutin berolahraga, istirahat cukup, dan lain-lain. Kini ada satu resep lagi, yaitu rutin membaca buku. 

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang membaca setidaknya 30 menit tiap hari akan memiliki usia yang lebih panjang.

Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada 3.635 orang berusia 50 tahun atau lebih, yang menghabiskankan rutin waktu membaca buku, rata-rata memiliki usia lebih panjang dua tahun daripada mereka yang tidak melakukannya.

Temuan yang dilaporkan oleh tim dari Yale University's School of Public Health itu menunjukkan bahwa orang-orang yang suka membaca hidup lebih lama, dan hanya 3,5 jam per minggu akan cukup membawa perbedaan.

Penelitian tersebut hanya menunjukkan hubungan antara kegiatan membaca dengan umur panjang, ketimbang penyebab dan efeknya. Namun hal tersebut membantu mendukung ide membaca mampu menjaga pikiran untuk tetap aktif dan sehat.

Sangat memungkinkan bahwa membawa akan melatih otak, akan sama saja dengan sesi olah tubuh untuk melatih kebugaran. Para peneliti juga membuktikan bahwa membaca fiksi akan meningkatkan perasaan empati, menguatkan koneksi kita dengan orang-orang dan dunia di sekitar kita.

Menariknya, penelitian juga menemukan bahwa membaca buku akan lebih meningkatkan kehidupan seseorang daripada membaca koran dan majalah.

Sampel dari penelitian tersebut adalah mereka yang tidak membaca sama sekali, mereka yang membaca hingga 3,5 jam per minggu, dan mereka yang membaca lebih dari 3,5 jam per minggu.

Para peneliti melihat perbedaan yang akhirnya disadari antara membaca fiksi dan non-fiksi, dan penggunaan e-book dan audiobook.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa membaca buku mampu menjaga otak tetap aktif, dan menghindarkan penyakit demesia. Penelitian tahun 2009 turut menunjukkan bahwa membaca juga menurunkan kadar stres.

Related

Health 3132936571381309994

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item