Tips untuk Ibu Hamil: Mengatasi Mual Selama Masa Kehamilan


Naviri Magazine - Salah satu hal yang menjadikan ibu hamil tidak nyaman adalah munculnya rasa mual. Susahnya, hampir bisa dipastikan semua ibu hamil pasti akan mengalami hal ini, karena mual dan muntah pada saat hamil adalah kondisi yang wajar. 

Biasanya, munculnya rasa mual itu hanya berlangsung selama tiga bulan pertama, meski kadang ada wanita yang mengalami mual selama kehamilan itu berlangsung. Umumnya pula, rasa mual tersebut hanya muncul pada waktu pagi hari, meski tidak menutup kemungkinan ada ibu hamil yang juga merasa mual di waktu lain.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau bahkan sampai terganggu dengan rasa mual tersebut, dan ingin mengatasinya dengan mudah, berikut ini tip yang bisa digunakan:

Rasa mual yang muncul pada waktu pagi hari umumnya terjadi karena kadar gula rendah. Karenanya, untuk mengatasinya, makanlah roti atau biskuit sebelum Anda mengangkat kepala dari bantal, untuk menaikkan kadar gula dalam darah Anda terlebih dulu.

Pada waktu menyikat gigi, sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi terlalu banyak. Jika perlu, gunakanlah pasta gigi yang memiliki rasa mint untuk mengurangi rasa mual. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat.

Usahakan agar Anda tidak sampai lapar, karena lambung yang kosong akan meningkatkan rasa mual.

Masukkan jahe pada menu makanan sehari-hari, atau bisa pula dijadikan sebagai bagian minuman.

Perbanyak minum air putih, dan pastikan perut Anda tidak kosong ketika mengkonsumsi vitamin atau suplemen.

Pada waktu sedang tidak mual, gunakanlah waktu tersebut sebaik-baiknya untuk makan makanan bergizi, dan sedikit berolahraga.

Akan sangat bagus kalau Anda memakan satu keping crackers atau biskuit kering di pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur, dan menyiapkan atau membawa crackers kemana pun Anda pergi.

Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Hindari makanan yang pedas dan berlemak tinggi, terutama goreng-gorengan.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B, karena vitamin tersebut dapat berfungsi mengurangi rasa mual.

Hindari ruangan yang sesak, panas, dan bau-bauan yang menyengat.

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai obat antimual apa yang aman digunakan.

Related

Tips 927037018404138740

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item