Tips untuk Ibu Hamil: Panduan Memahami Perkembangan Janin Anda

Naviri Magazine - Kehamilan bukan hanya sebuah anugerah, tetapi juga proses yang menakjubkan. Di dalam kehamilan, sebuah proses kehidupan ma...


Naviri Magazine - Kehamilan bukan hanya sebuah anugerah, tetapi juga proses yang menakjubkan. Di dalam kehamilan, sebuah proses kehidupan makhluk baru dimulai—yakni calon bayi Anda. Seiring dengan pertambahan waktu, janin yang ada dalam kandungan Anda pun terus bertumbuh dan berkembang, hingga kelak tiba masanya untuk dilahirkan.

Untuk melengkapi kebahagiaan Anda menyambut datangnya kehamilan, Anda bisa membayangkan bagaimana kondisi pertumbuhan dan perkembangan calon bayi Anda dari bulan ke bulan. Berikut ini panduan mudah untuk memahaminya.

Bulan pertama

Terbentuk semacam kantung kehamilan yang memiliki fungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Di bulan pertama, plasenta juga mulai terbentuk, dan plasenta inilah yang berfungsi untuk menyalurkan makanan untuk bayi Anda. Selain itu, pada janin Anda sendiri di bulan ini sudah mulai terjadi sirkulasi darah.

Bulan kedua

Di bulan ini, wajah calon bayi Anda mulai terbentuk, begitu pula dengan bakal telinga yang sudah mulai tampak sebagai lipatan di bagian kanan dan kiri kepala. Seiring dengan itu, mulai tampak pula bakal lengan dan kaki, kemudian menyusul terbentuknya jari. Pada bagian dalam janin, yang mulai berkembang adalah sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang, serta saluran pencernaan.

Bulan ketiga

Di bulan ini, hampir semua angota tubuh bayi mulai terbentuk sempurna. Tangannya mulai bisa mengepal, dan kuku juga sudah mulai tumbuh. 

Jenis kelamin bayi sudah terbentuk, tetapi belum terlihat jelas perbedaan kelamin antara bayi laki-laki dan perempuan dalam hasil pemeriksaan USG. Sedang bagian dalam tubuh yang semakin berkembang adalah sistem kemih dan organ reproduksi, sedang hati mulai memproduksi empedu.

Bulan keempat

Sekarang keadaan janin sudah semakin lengkap. Tangan, kaki, jari, juga wajah, telah terbentuk sempurna. Pada bulan ini pula, jenis kelamin sudah bisa terlihat jelas melalui pemeriksaan USG. 

Dengan bantuan alat khusus, Anda bahkan bisa mulai mendengar detak jantungnya. Gerakan bayi Anda juga sudah semakin banyak, semisal menguap, mengisap jempol, dan mengubah ekspresi wajah.

Bulan kelima

Di bulan ini, Anda mungkin merasakan gerakannya dalam perut Anda terasa semakin kencang, karena bayi Anda sudah mulai melatih ototnya. Di bulan ini pula, kepalanya sudah mulai ditumbuhi rambut halus, juga tumbuh bulu-bulu halus pada lengan dan punggungnya. Seluruh kulit bayi mulai tertutup oleh lapisan putih, yang fungsinya agar bayi tidak terkena cairan ketuban secara langsung pada saat dilahirkan kelak.

Bulan keenam

Di bulan ini, mulai terdapat keriput pada kulit bayi. Selain itu, kulitnya juga sudah berwarna kemerahan, tapi sangat tipis, sehingga pembuluh darahnya bisa terlihat—terutama pada daerah perut. Di bulan ini pula, bayi Anda sudah bisa membuka dan menutup kelopak mata, juga sudah dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut.

Bulan ketujuh

Bayi Anda sudah bisa memberikan respon pada suara-suara yang didengarnya. Selain itu, dia juga sudah dapat merasakan adanya cahaya. Di bulan ini, tubuh bayi Anda sudah semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi. Di usia kehamilan ketujuh ini, tubuh bayi mulai menyimpan lemak.

Bulan kedelapan

Cadangan lemak di dalam kulit semakin banyak, sehingga kulit bayi tidak tampak keriput lagi. Selain itu, pendengaran dan penglihatan bayi juga sudah berfungsi dengan baik. Di bulan ini, sistem dalam tubuh sebagian besar sudah dapat bekerja dengan baik, kecuali paru-paru. Otak bayi juga semakin sempurna, dan gerakannya (seperti gerakan menendang) juga sudah semakin sering.

Bulan kesembilan

Paru-paru bayi semakin berkembang dan berfungsi semakin baik. Tubuhnya akan memutar, dengan posisi kepala berada di bawah, menghadap jalan lahir. Di bulan ini, bayi Anda pun sudah siap dilahirkan.

Related

Tips 8108644363195588811

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item