4 Makanan yang Tidak Memiliki Masa Kedaluwarsa, Salah Satunya Madu


Naviri Magazine - Ketika membeli suatu makanan kemasan, konsumen pasti menjumpai informasi mengenai tanggal kedaluwarsa. Pencantuman tanggal kedaluwarsa pada makanan menunjukkan jangka waktu suatu makanan aman dikonsumsi. 

Namun ternyata terdapat beberapa makanan yang tidak memiliki kedaluwarsa. Berikut ini di antaranya:

1. Beras Putih

Beras putih menjadi salah satu makanan yang tahan lama untuk dikonsumsi. Sebagaimana dilansir dari laman cookinglight.com, beras dapat mempertahankan kandungan nutrisi dan rasanya hingga 20-50 tahun.

Namun, beras harus diperhatikan secara penuh cara penyimpanannya. Sebaiknya beras disimpan  di tempat yang dingin dengan suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit serta dalam kondisi gelap agar beras dapat tahan lama.

2. Gula

Salah satu makanan yang tidak mempunyai kedaluwarsa adalah gula. Meskipun begitu, penyimpanan gula sangat memengaruhi kemampuan gula untuk bertahan lama atau tidak. Gula sebaiknya disimpan di dalam wadah yang kedap udara agar kelembapannya terjaga.

3. Garam

Melansir laman healthline.com, tidak mengherankan garam menjadi bahan makanan yang tidak memiliki kedarluwarsa. Hal ini disebabkan kandungan natrium klorida pada garam membuatnya tahan lama. 

Jenis mineral tersebut dikenal sebagai bahan mengawetkan makanan karena sifatnya menghilangkan kelembapan. Namun, kondisi ini tidak berlaku untuk garam yodium, sebab garam ini hanya bisa bertahan sekitar lima tahun.

4. Madu

Melansir dari finance.yahoo.com, madu menjadi makanan yang  tidak memiliki kedaluwarsa. Madu memiliki kemampuan bertahan dalam waktu yang lama karena kandungan cairan asam yang dimiliki madu. 

Cairan asam ini mempunyai kelembapan rendah sehingga bukan tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Selain itu, madu mengandung gula yang kadar airnya rendah sehingga bersifat higroskopis. Kondisi ini membuat madu dapat menyerap kelembapan dari udara.

Related

Science 6890431483022179233

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item