5 Alasan Kamu Kehilangan Motivasi Kerja, dan Tips Mengatasinya


Naviri Magazine - Saat pertama kali masuk kerja, kamu mungkin begitu bersemangat. Ada banyak harapan dan bayangan saat bekerja nanti. Tapi karena satu dan lain hal, semangat bekerjamu tak sama lagi. Kini, tiap bangun tidur dan mendapati bahwa hari ini bukan weekend, kamu rasanya malas sekali untuk pergi ke kantor.

Kalau seperti itu terus, tentu posisi kamu akan terancam. Karena bagaimana mau memberikan performa maksimal kalau tak ada semangat. Maka dari itu, kenali alasan kenapa kamu kehilangan motivasi kerja, supaya bisa segera diatasi!

1. Membandingkan kondisimu dengan orang lain

Salah satu penyebab kenapa kamu sekarang sudah kehilangan motivasi kerja, karena membandingkan dirimu dengan orang lain. Melihat teman yang sekarang sudah bisa membeli mobil, sementara hasil kerjamu baru bisa membeli motor saja, akhirnya membuatmu berpikir, bahwa pekerjaanmu saat ini kurang berharga.

Kalau dari hasil membandingkan, mendorongmu untuk menyusun langkah konkret memperbaiki keadaan, misalnya cari pekerjaan lain yang memberi gaji lebih besar, atau semakin semangat di pekerjaan sekarang, supaya segera naik jabatan, itu malah bagus. 

Tapi yang umum terjadi ketika sudah membandingkan, adalah kamu jadi lesu dan merasa kalau pekerjaan yang kamu jalani kurang berarti.

2. Terlalu sibuk

Segala sesuatu memang harus seimbang. Kalau gak maka pasti hasilnya gak akan baik. Begitu pula dengan bekerja, kalau dilakukan dengan baik hasilnya juga akan maksimal.

Jangan malas-malasan saat kerja! Tapi, terlalu sibuk pun gak bakal bagus. Akibat terlalu sibuk dan kurang istirahat, kamu jadi lelah fisik dan mental. Salah satu cirinya, motivasimu jadi berkurang, bahkan hilang.

3. Kurang maksimal memanfaatkan akhir pekan

Perusahaan sebenarnya sudah memberi kebijakan yang bagus, yakni no work tiap akhir pekan. Sayangnya, penggunaan akhir pekan kamu kurang maksimal. Setiap akhir pekan, hanya kamu habiskan dengan tidur atau nonton film maraton. Dengan kegiatan yang monoton, kamu jadi gak semangat pas hari Senin. Karena masih terbawa suasana malas di hari Minggu.

Cobalah untuk menjadikan hari-harimu lebih ‘hidup’. Pas libur jangan cuma tiduran doang. Lakukan hal-hal yang produktif atau menantang. Sehingga, keceriaan di akhir pekan masih tertinggal dan kamu pun menyambut Senin dengan semangat.

4. Fokus pada sisi buruknya saja

Tiap hal pasti ada plus minusnya. Termasuk pekerjaan. Apalagi kalau pekerjaanmu termasuk yang gak pernah kamu rencanakan. Jadi memang cukup menantang secara mental.

Maka dari itu, mindset kamu harus benar. Jika memang pekerjaan yang sekarang adalah terbaik yang bisa kamu dapatkan, maka belajarlah untuk mensyukuri dan mencintainya. Karena kalau cuma dilihat kekurangannya saja, auramu jadi negatif banget dengan pekerjaan yang sekarang. Padahal, pekerjaan yang sering kamu keluhkan ini sudah bantu dirimu dan keluargamu bertahan hidup.

5. Kamu butuh pekerjaan baru

Jika kondisi kehilangan motivasi sudah berlangsung lama, dan kamu pun sudah berusaha untuk mencintainya, tapi tetap saja gak berpengaruh. Karena memang lingkungan kerjanya sudah enggak kondusif banget. Maka, memang sudah saatnya kamu mencari pekerjaan yang baru.

Tapi, usahakan kamu sudah ada pengganti pekerjaan yang sekarang, sebelum kamu mengajukan resign. Apalagi jika kamu berperan sebagai kepala keluarga. Kasihan mereka, kan, kalau sampai harus menurunkan gaya hidup disebabkan kamu belum mendapatkan pekerjaan pengganti.

Dari uraian tadi, semoga bisa membantumu menemukan penyebab kenapa motivasimu di tempat kerja gak seperti dulu. Segera atasi, ya!

Related

Tips 5123514009945392154

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item