5 Hal Sia-sia yang Cuma Membuang Waktu dan Energi, Segera Tinggalkan


Naviri Magazine - Apakah selama ini kamu pernah merasa seperti tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas, atau selalu merasa tidak berenergi? Jika iya, bisa jadi selama ini kamu memiliki masalah dengan manajemen waktu. Sebab, pada dasarnya tiap orang memiliki waktu yang sama, dan sebagian orang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik.

Ada banyak hal yang kita lakukan ternyata hanya membuang waktu dan energi. Akibatnya, kamu justru merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Berikut ini adalah aktivitas yang dilakukan banyak orang, dan tanpa disadari hanya membuang waktu dan energi.

1. Mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita

Tak jarang, kita mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Bagaimana pendapat mereka tentang kita? Apakah kita memiliki kesan baik di mata mereka? Padahal sebenarnya, tidak ada orang yang benar-benar memikirkan kita sepenuhnya.

Ingatlah, kamu bukan pembaca pikiran. Kamu tidak tahu apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu dan apa yang kamu khawatirkan juga belum tentu benar terjadi. Jadi, jangan khawatir.

2. Membandingkan diri sendiri dengan kesuksesan orang lain

Kadang, saat melihat orang lain mencapai kesuksesan, kita seakan lupa akan semua kesuksesan yang kita sendiri telah raih. Ini kemudian membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan tidak mensyukuri apa yang kita miliki.

Jika suatu ketika kamu melihat orang lain mendapat kesuksesan dalam hidup, ingatlah bahwa kesuksesannya tidak akan merugikan kamu. Setiap orang memiliki nasib baik dan buruk yang berbeda-beda dan itulah yang membuat kita semua unik. Meskipun sulit, cobalah untuk tetap fokus pada kehidupanmu sendiri dan apa yang patut kamu syukuri.

3. Menghadapi orang toksik di hidupmu

Ada miliaran orang yang hidup di seluruh penjuru Bumi. Jadi, untuk apa kamu membuang energi demi satu atau dua orang toksik yang terus membawa kekacauan dan masalah ke dalam hidupmu?

Untuk menjaga kesejahteraan mentalmu, kamu perlu mengelilingi diri dengan hal-hal positif. Cara yang terbaik adalah dengan menyingkirkan orang-orang toksik dari hidupmu dan mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang membuat kamu merasa lebih baik.

4. Gosip

Gosip hanyalah omong kosong yang tidak memberikan manfaat dan hanya membuang-buang energi. Gosip dapat merusak karakter seseorang, termasuk kamu sendiri selaku penyebarnya.

Jadi, daripada membuang energi, lebih baik tinggalkan gosip secara total. Juga, bersikaplah bijaksana dengan tidak langsung menyebarkan apa yang kamu dengar melalui selentingan.

5. Scrolling media sosial sampai lupa waktu

Mengikuti media sosial dianggap penting bagi banyak orang. Media sosial memungkinkan kita mengetahui kabar terbaru dari dunia dan tetap terhubung dengan orang-orang yang kita kenal. Namun, tidak memperhatikan waktu saat scrolling media sosial bisa sangat membuang waktu. Terutama jika ada banyak aktivitas yang harus kamu selesaikan.

Agar momen scrolling media tidak membuang waktu dan energi, periksa kembali berapa banyak waktu yang kamu habiskan di media sosial. Jika mungkin, temukan cara untuk membatasi diri di media sosial, misalnya dengan hanya membuka media sosial di jam-jam tertentu atau logout media sosial.

Cek lagi, mana saja aktivitas sia-sia yang selama ini sering kamu lakukan? Daripada membuang waktu dan energi untuk hal di atas, lebih baik luangkan energi untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Related

Tips 4043565349613848624

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item