5 Manfaat Menerapkan Prinsip Hidup Minimalis: Lebih Hemat dan Lebih Menyenangkan


Naviri Magazine - Memang benar bahwa bagaimana seseorang menjalani hidupnya merupakan hak masing-masing untuk memilih prinsip dan gaya hidupnya sendiri, mau penuh kemewahan atau yang sederhana sekalipun.

Namun bagi kamu yang mungkin masih bingung ingin menerapkan prinsip hidup yang seperti apa, mungkin prinsip hidup minimalis bisa dipertimbangkan. Ada banyak sekali manfaat positifnya jika menerapkan prinsip hidup minimalis, mulai dari menjaga kestabilan finansialmu hingga hidup yang jadi lebih tertata. Kalau mau tahu lebih jelas, simak pembahasan di bawah ini, ya! 

1. Semua pengaturan untuk kebutuhan hidupmu jadi lebih tertata

Ada banyak orang berminat menerapkan prinsip hidup minimalis alasannya karena ini, yaitu semua pengaturan untuk kebutuhan hidupmu jadi lebih tertata. Karena kalau terbiasa minimalis tentu pembagian kebutuhan jadi lebih jelas, kan.

Apa-apa saja kebutuhan pokok yang mesti diprioritaskan, kebutuhan yang berupa hiburan ataupun yang berupa self reward. Kalau sudah tertata seperti itu maka membuat pengaturan keuangannya pun jadi lebih mudah, semuanya tercukupi dan tidak boros sama sekali. 

2. Kestabilan finansialmu terjaga  

Manfaat lainnya kalau menerapkan prinsip hidup minimalis ialah kamu jadi bisa menjaga kestabilan finansialmu. Yang mana dengan terbiasa menjalani hidup dengan prinsip minimalis maka dengan sendirinya kamu pun akan berhemat.

Akan timbul pemikiran bahwa daripada mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bersifat kesenangan sementara, lebih baik menggunakannya untuk yang benar-benar dibutuhkan, atau bahkan kamu lebih memilih menabungnya. Finansialmu jadi jauh dari kekacauan ataupun krisis. 

3. Tidak memenuhi isi rumah dengan barang-barang tak terpakai 

Manfaatnya yang ketiga kalau menerapkan prinsip hidup minimalis ialah rumahmu jadi tidak dipenuhi oleh banyak barang tak terpakai. Hal ini tidak hanya baik untuk yang tinggal sendiri akan tetapi juga baik bagimu yang baru menikah.

Sehingga tidak perlu beli banyak furniture rumah yang menghabiskan banyak uang, cukup pakai barang-barang yang bisa dipakai secara maksimal dan multi fungsi. Jadi tidak hanya bikin keuangan aman, namun juga membuat keadaan rumahmu jadi lebih lapang dan nyaman untuk ditinggali. 

4. Dengan sendirinya jadi bijaksana dalam berbelanja 

Menerapkan prinsip hidup minimalis ternyata juga berdampak positif untuk dirimu sendiri, lho. Yang mana dengan sendirinya kamu jadi lebih bijaksana dalam berbelanja, dibanding yang hanya menarik di mata saja, kamu lebih memilih membeli barang yang benar-benar berguna dan bakal dipakai dalam jangka waktu lama olehmu.

Karena itulah intinya prinsip hidup minimalis, kan? Tidak membeli banyak barang, akan tetapi hanya membeli yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Auto hemat, deh! 

5. Kesehatan mental dan pikiran yang terjaga membuat hidupmu jadi enteng 

Terakhir, dengan menerapkan prinsip hidup minimalis dirimu pun merasakan manfaat positifnya dari segi tejaganya kesehatan mental dan pikiran sehingga membuat hidupmu jadi terasa lebih enteng untuk dijalani.

Karena kamu jadi gak ribet, semuanya tertata dengan baik dan segala kebutuhan hidup juga tercukupi. Kamu jadi gak gampang stres dan bisa menikmati hidup dengan perasaan nyaman yang menenangkan. Kalau sudah seperti ini maka untuk bahagia pun rasanya tidak sulit. 

Dari lima poin tadi dapat disimpulkan bahwa menerapkan prinsip hidup minimalis membawa banyak kebaikan untuk hidup kita. Semuanya bakal jadi lebih tertata dan hidup pun jadi terasa enteng karena gak ada yang dibuat ribet. Benar? 

Related

Psychology 1346407143962460405

Recent

item