5 Pandangan Filsafat Stoicisme Ini Bisa Membantu Hidupmu Lebih Adem dan Damai


Naviri Magazine - Saat mendengar kata filsafat, mungkin kita akan berpikir itu suatu hal yang sangat berat, mendalam dan ribet. Namun, berbeda dengan Stoicisme yang merupakan salah satu aliran filsafat Yunani Kuno yang sangat sederhana. Filosofi Stoic sangat simple dan praktikal, serta masih relevan dengan zaman sekarang.

Para filsuf Stoic memandang kebahagiaan bukan untuk dikejar. Mereka lebih berfokus bagaimana kita bisa mengurangi emosi-emosi negatif seperti marah, stres, sedih dan galau. Bagi mereka, emosi negatif bisa diobati dengan filosofi. 

Berikut adalah lima filosofi Stoic yang bisa kamu terapkan dalam hidup, agar bisa meraih kebahagiaan.

1. Bahagia adalah berfokus pada hal-hal yang ada di bawah kendali kita sendiri

Hidup ini terdiri dari dua hal, sesuatu yang di bawah kendali kita dan hal-hal yang di luar kendali diri kita. Sayangnya, hal-hal yang di bawah kendali kita itu sangatlah sedikit seperti pikiran, pertimbangan, perkataan dan cara bersikap. Sisanya, diluar kendali diri kita. Bahkan kekayaan, kesehatan dan reputasi kita pun tidaklah berada dalam kendali diri kita sendiri.

Menurut filsafat Stoicisme, segala perasaan negatif kita seperti marah, bete, galau dan emosi negatif lainnya itu karena kita menggantungkan kebahagiaan dengan hal-hal di luar kendali kita. Sebaliknya, bahagia itu seharusnya disandarkan dengan sesuatu yang di bawah kendali kita.

Artinya, kita itu sebenarnya merasa kecewa dan sedih bukan karena peristiwa yang menimpa, tetapi karena opini dan pikiran kita tentang peristiwa tersebut. Oleh karena itu, mengelola pikiran adalah kunci kebahagiaan dalam filosofi Stoic ini.

2. Kita adalah bagian dari semesta, maka hidup harmonislah dengan alam

Manusia merupakan bagian dari semesta yang luas ini, namun kita memiliki keunggulan dengan akal dan budi yang dimiliki. Tetapi untuk meraih kebahagiaan, kita juga harus hidup selaras dengan alam dengan memperlakukannya dengan baik. Jika tidak, alam akan marah dengan lahirnya bencana yang akan sangat merugikan dan menghancurkan kehidupan manusia.

Oleh karena itu, tindakan-tindakan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak alam adalah hal yang sangat penting dalam hidup ini.

3. Berbahagialah dengan kata hatimu, bukan perkataan orang lain

Bahagia adalah tentang menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri, bukan berdasarkan apa yang orang lain katakan. Menurut Marcus Aurelius, yang merupakan salah satu filsuf Stoic termashur, apa yang kita dengar itu hanyalah opini, bukan kebenaran, dan apa yang kita lihat adalah perspektif, bukan fakta.

Artinya, orang lain sebenarnya tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya membuat kita bahagia. Berhentilah terlalu khawatir dengan perkataan orang lain dan mulailah mendengarkan hatimu karena ia lebih tau yang terbaik untukmu.

4. Tidak memperumit suatu masalah

Prinsip lainnya yang dipegang oleh aliran filsafat stoic adalah mengutamakan menyederhanakan suatu masalah. Mereka berpendapat sepanjang suatu hal itu baik dan bermanfaat, maka lakukanlah. Memperumit suatu masalah adalah sumber penderitaan.

Prinsip ini perlu kita terapkan dalam kehidupan di zaman sekarang ini, dimana banyak orang lebih sering berdebat tentang sebuah kebaikan. Namun pada akhirnya, kebaikan yang mereka perbincangkan justru hanya menjadi wacana saja. Sederhanakan saja. Jangan tunggu orang lain untuk melakukan kebaikan, tapi mulailah dari dirimu.

5. Jadikan syukur sebagai kunci kebahagiaan

Cara pandang terakhir Stoic yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah rasa syukur dengan berbagai hal yang menimpamu, entah itu hal baik ataupun buruk. 

Dalam filosofi Stoic, semua yang telah terjadi itu sudah ada yang mengaturnya. Maka, tugas kita adalah menerimanya dengan rasa ikhlas dan tetap bersyukur dengan apa yang telah dimiliki.

Hal ini memang tidak mudah, tapi saat kamu bisa melakukannya maka bahagia akan datang dalam hidupmu.

Related

Psychology 2038454362650882379

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item