5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang Lain dengan Pikiran Terbuka


Naviri Magazine - Tidak ada satu pun orang yang terlahir sempurna di dunia, semuanya memiliki kekurangan dan sisi yang mungkin tidak disukai oleh orang lain. Karena pada dasarnya kamu memang tidak bisa membuat semua orang menyukaimu sepenuhnya, kan? 

Maka dari itu, wajar saja jika terkadang ada yang memberikan kritik, entah pada hal yang tidak disukainya dari pribadimu, atau kritik yang muncul karena kesalahan yang tidak kamu sadari.

Namun bagaimana pun orang mengkritikmu, sangat penting untuk bisa menerimanya dengan pikiran terbuka. Akan tetapi, bagaimana cara agar bisa menerima kritik dengan pikiran terbuka? Simak lima tipsnya di bawah ini.

1. Memahami penyebab kenapa orang mengkritikmu 

Jika ada orang yang mengkritikmu, cobalah untuk memahami penyebab kenapa dia melakukan itu. Bisa jadi karena suatu hal yang kamu lakukan dan dianggap salah oleh orang lain, atau pembawaan dirimu yang dinilai tidak tepat.

Dengan mengetahui penyebabnya kamu jadi bisa lebih logis ketika dikritik, tidak langsung emosional atau bahkan tersinggung. Selain itu kamu juga bisa belajar dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi, karena kritik juga diperlukan untuk membantumu intropeksi diri.

2. Coba pandang kritik orang lain dengan sudut pandang positif 

Cobalah pandang kritik orang lain dengan sudut padang positif, dengan begitu kamu pun jadi lebih bisa menerima kritikan dengan pikiran terbuka. Tidak semua kritik orang itu bermaksud jahat, ada yang bersifat membangun dan ada juga yang bermaksud mengingatkanmu. 

Dengan memandangnya dengan sudut pandang seperti ini kamu jadi tidak skeptis terhadap kritikan, lebih open minded dan mampu menerima kritik dengan baik.

3. Mengontrol diri untuk tidak terlalu sensitif 

Tips ketiga agar bisa menerima kritik dengan pikiran terbuka ialah dengan mengontrol diri untuk tidak terlalu sensitif. Jangan memasukkan semua perkataan orang ke dalam hati, alias jangan gampang baper. 

Dewasakanlah pikiran dan emosionalmu agar tidak asal terpancing dengan kritikan orang, karena sebenarnya sensitif yang berlebihan itulah yang bisa membuatmu jadi berpikiran sempit terhadap kritik orang.

4. Terimalah kritikan dengan pikiran lurus dan logika, jangan emosional 

Kalau ada orang yang memberikanmu kritik, cobalah untuk menerimanya dengan pikiran lurus dan logika. Sebisa mungkin hindarilah menggunakan sisi emosionalmu kenapa? Karena dengan menggunakan logika kamu bisa lebih bijaksana dalam menanggapi berbagai hal, termasuk kritik. 

Lagi pula tidak semua hal dalam hidup ini harus melibatkan emosional, kan. Jadi bijak-bijaklah dalam memilih kapan harus menggunakan logika dan kapan harus melibatkan emosi!

5. Memilah jenis kritik yang baik untuk didengar dan yang tidak 

Sangat penting bagimu untuk memilih jenis kritik yang baik untuk didengar dan yang tidak. Karena kita semua juga tahu bahwa ada banyak jenis kritik, mulai dari yang membangun hingga kritik yang menjatuhkan. 

Tujuan orang lain dalam mengkritikmu pun juga berbeda-beda, dan di sini kamu membutuhkan kepekaan untuk bisa membedakan mana kritik yang mesti didengar dan yang baiknya diacuhkan saja. Dengan begitu kamu jadi bisa menerima kritikan orang dengan sikap yang sesuai serta pikiran terbuka.

Itulah lima tips yang bisa kamu gunakan agar mampu menerima kritikan orang dengan pikiran terbuka. Supaya kamu tidak salah dalam menanggapi kritik yang datang padamu, bahaya kan kalau sampai timbul kesalah pahaman dan memicu konflik cuma gara-gara berpikiran sempit atas kritik orang.

Related

Tips 1780804979820912432

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item