Asal Usul Mitos 'Pasangan Gancet': Berawal dari Sistem Kawin Paksa


Naviri Magazine - Fenomena gancet kerap muncul dan sering dikaitkan dengan azab karena berzina. Padahal, secara medis, fenomena pasangan gancet disebut dengan penis captivus dan kemungkinan disebabkan oleh kondisi vaginismus.

Sosiolog dari Universitas Nasional Sigit Rohadi menyebut narasi soal gancet dikaitkan dengan azab adalah mitos. Menurutnya, gancet bisa dijelaskan secara logis. Tetapi gancet di zaman dulu erat dikaitkan dengan zina di tempat yang ada penunggunya atau soal balas dendam.

"Itu mitos, menurut kepercayaan tertentu. Gancet karena tidak direstui sama penunggu daerah tersebut. Ada juga karena balas dendam, entah terhadap perempuan atau laki-lakinya. Tetapi secara logis, gancet itu karena vagina mengering sehingga mengunci," ujar Sigit.

Selain itu, Sigit menjelaskan salah satu asal usul mitos gancet karena zina bermula dari sistem kawin paksa di zaman dulu. Mitos ini dipakai agar pemuda di zaman itu mau dikawinkan dengan pilihan orang tua.

"(Bermula dari) kawin paksa atau lari," ungkapnya.

Dikutip dari Healthline, fenomena pasangan gancet alias penis captivus ini terjadi karena penis yang terisi dengan darah selama ereksi dapat terus tumbuh dalam ukuran sebelum orgasme.

Sementara itu, dinding vagina yang terbuat dari jaringan otot mengembang dan berkontraksi saat berhubungan seks. Otot-otot di dalam vagina mungkin sedikit berdenyut selama orgasme juga.

Related

Science 4796425514130538160

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item