Cara Aman Membersihkan Telinga dan Hal-hal yang Harus Dihindari


Naviri Magazine - Kotoran telinga mungkin menjadi hal menjengkelkan yang ingin Anda singkirkan. Sayangnya, sulit untuk menghilangkan kotoran telinga sepenuhnya. Selain itu, kotoran telinga sebenarnya punya sejumlah fungsi sehingga tak masalah jika tak dibersihkan, selama tidak mengganggu.

"Beberapa kotoran telinga adalah hal yang baik. Itu membuat telinga Anda lembab dan bersih dan mencegah telinga Anda dari gatal dan merasa tidak nyaman," Ksenia Aaron, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di Klinik Cleveland di Cleveland, Ohio, kepada LiveStrong.

Aaron menambahkan bahwa kotoran telinga juga membantu menjaga air dan kuman keluar, yang juga mengurangi kemungkinan terkena infeksi telinga yang parah.

Namun jika sudah merasa terganggu dan tidak nyaman, berikut cara aman menghilangkan kotoran telinga di rumah, hal yang tidak boleh dicoba dan kapan harus menemui ahli.

Cara aman menghilangkan kotoran telinga:

1. Obat tetes pembersih telinga

Cara pertama, Anda bisa mencoba obat tetes pembersih telinga yang dijual bebas. Menurut Yin Ren, spesialis THT di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ohio, ini bekerja dengan baik jika Anda hanya memiliki sedikit kotoran.

"Cari yang mengandung hidrogen atau bentuk peroksida lain," saran Ren. "Ini melembutkan kotoran telinga dan memecahnya dengan lembut, tanpa menyebabkan kerusakan kulit."

- Coba tempatkan lima sampai 10 tetes di telinga Anda, lalu tunggu beberapa menit (Anda bisa berbaring atau memasukkan bola kapas).

- Duduk dan biarkan cairan mengalir keluar.

2. Baby oil

Menurut Zan Mra, spesialis THT di Mount Sinai Hospital di New York City, alih-alih obat tetes telinga, Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak mineral.

Caranya:

- Gunakan pipet untuk mengoleskan beberapa tetes minyak ke saluran telinga Anda.

- Setelah satu atau dua hari, setelah kotoran melunak, gunakan jarum suntik karet untuk menyemprotkan air hangat ke telinga Anda

- Setelah selesai, miringkan kepala ke samping agar air dan kotoran telinga keluar.

Mra menyarankan Anda untuk menyelesaikannya dengan mengeringkan telinga bagian luar secara perlahan dengan handuk, untuk menghindari sisa kelembapan yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Cara yang harus dihindari saat bersihkan telinga dan kapan harus ke dokter.

1. Pakai cotton-bud

Menggunakan Q-tip atau cotton-bud di telinga Anda mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan banyak kerusakan.

"Ini seringkali hanya mendorong kotoran telinga lebih dalam, yang membuatnya lebih sulit untuk keluar," jelas Ren.

"Kami bahkan pernah melihat kasus gendang telinga pecah dari seseorang yang mendorong terlalu dalam."

Aaron menambahkan penyeka kapas atau cotton bud juga bisa lebih mengiritasi saluran telinga Anda, sehingga menghasilkan lebih banyak kotoran telinga.

2. Sendok telinga

Anda mungkin pernah menggunakan sendok kecil untuk telinga yang terbuat dari stainless steel atau sebagainya. Meski tampak aman, tapi ini tetap berpotensi menggores atau merusak gendang telinga.

"Jika tangan Anda bergerak hanya beberapa milimeter ke arah yang salah, itu dapat menyebabkan kerusakan" kata Ren.

3. Ear candles

Ear candle disebut sebagai cara alami untuk menghilangkan kotoran telinga di rumah.

"Teorinya adalah jika lilin itu berlubang, panasnya menciptakan isapan yang menarik lilin dari telinga Anda," kata Ren.

Namun, tinjauan di Otolaryngology-Head and Neck Surgery menyimpulkan bahwa pemasangan lilin telinga tidak efektif dan berbahaya, dengan laporan luka bakar, penyumbatan saluran telinga dengan lilin, dan kerusakan saluran telinga.

Kapan harus ke dokter?

Kotoran telinga umumnya termasuk dalam kategori gangguan daripada krisis kesehatan utama.

Namun, Aaron mengatakan ada tiga kondisi ketika Anda harus mendapatkan perhatian medis:

- Anda mencoba menghilangkan kotoran telinga di rumah dengan obat tetes dan tidak berhasil.
- Telinga sakit.
- Anda kesulitan mendengar.

Related

Tips 7910844847923747557

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item