Cara Menabung yang Tidak Rutin, tapi Bisa Terus Menambah Jumlah Simpanan


Naviri Magazine - Menabung adalah kebiasaan baik dalam mengelola keuangan yang harus mulai dilatih sejak dini. Buat Anda yang baru mulai bekerja, Anda sebaiknya melatih diri menyisihkan uang gaji di awal untuk tabungan. 

Selain menabung rutin, ada cara mudah lainnya untuk menabung agar kita punya simpanan dana darurat. Berikut ini beberapa di antaranya! 

1. Simpan dana tak terpakai
 
Biasakan untuk selalu membuat budget bulanan agar pengeluaran tetap terkendali, termasuk untuk pos gaya hidup dan kesehatan. Nah, kalau ada dana dari budget tersebut yang tak terpakai, di akhir bulan Anda bisa menyimpannya sebagai tabungan. 

2. Kumpulkan uang kembalian belanja
 
Tak usah malu atau khawatir dibilang pelit kalau memang Anda perlu menabung uang kembalian saat belanja. Anda bisa mengumpulkan sesuai jumlah yang Anda mampu. Misalnya, pecahan Rp10 ribu, Rp5 ribu, atau bahkan Rp1000 rupiah dari kembalian belanja Anda.  

3. Simpan uang dari piutang
 
Kebalikan dari utang, piutang berarti uang milik kita yang dipinjam orang lan. Nah, ketika orang lain mengembalikan utangnya itu pada kita, simpan uang tersebut sebagai tabungan. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan uang dari penghasilan tetap Anda untuk menambah tabungan. 

4. Alihkan untung jualan ke tabungan
 
Berdagang kecil-kecilan seperti menjual makanan buatan rumah atau reseller baju dan aksesori juga bisa menjadi alternatif tambahan pendapatan. Nah, kalau jualan Anda laku, simpan keuntungannya ke tabungan setelah dipotong modalnya. Dengan demikian Anda akan punya tabungan untuk mengembangkan modal usaha. 

5. Simpan uang reimbursement
 
Kalau tempat kerja Anda punya kebijakan mengembalikan biaya yang Anda keluarkan untuk keperluan kantor atau reimbursement, manfaatkan saat dananya cair untuk simpanan. Ini tidak rutin, tetapi lumayan membantu menambah tabungan, lho.  

Itulah tadi beberapa tips untuk menabung cepat meski tidak dilakukan secara rutin tiap bulan. Nah, kalau Anda termasuk yang sudah terbiasa menabung rutin apa belum nih? 

Related

Tips 7303706480932635667

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item