Cara Mengatasi Kemudi Mobil yang Terasa Berat


Naviri Magazine - Kenyamanan dan keamanan adalah dua hal utama yang tidak terpisahkan bagi para pengendara. Permasalahan pada kemudi, misalnya, selain mengganggu kenyamanan, juga mengancam keselamatan Anda. Oleh karena itu, perhatikan lebih seksama setir mobil Anda sekarang juga. Berikut yang perlu diketahui seputar kemudi ini:

Kerusakan pada sistem kemudi dapat dengan mudah dideteksi, yakni dengan memperhatikan setir ketika Anda sedang berkendara.

Bila setir terasa berat, maka Anda harus segera memeriksa sistem kemudi kendaraan.

Hal yang harus Anda lakukan ketika menemui gejala tersebut ialah memeriksa tekanan angin ban depan.

Jika ternyata tekanan angin lebih rendah dari ketentuan standar, maka Anda harus menambahkan tekanan angin hingga mencapai kondisi standar.

Lanjutkan pemeriksaan Anda ke sistem power-steering.

Yang perlu juga diketahui adalah sabuk penggerak pompa power steering yang kendor atau rusak akan mengakibatkan kerja pompa power steering menjadi kurang optimal dan tekanan minyak juga menjadi tidak kuat.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti komponen ini dengan yang baru.

Setelah itu lihat pula ketinggian minyak power steering di dalam tabung penampung. Jika berada di bawah batas ketinggian, segera tambahkan.

Perhatikan juga tanda-tanda kebocoran, seperti adanya gelembung udara atau busa dalam tabung, dan perhatikan kerusakan pada power steering, seperti bantalan pompa yang sudah aus. 

Begitu juga minyak power steering yang sudah lama tidak diganti. Minyak power steering yang sudah lama akan semakin banyak menyerap uap air, sehingga kemampuannya meneruskan tekanan hidrolik akan menurun. Sebaiknya kuras dan ganti minyak yang baru untuk power steering mobil Anda.

Selain itu, berbagai komponen sistem kemudi seperti ball joint dan bushing yang sudah aus juga menjadi penyebab beratnya setir.

Related

Tips 90930285505074559

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item