Cegah Masalah Asam Lambung dengan Makanan-makanan Sehat Ini


Naviri Magazine - Masalah asam lambung atau refluks asam terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Ini sering terjadi dan dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti mulas. Salah satu penyebab adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) melemah atau rusak.

Biasanya, LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan. Apa yang dimakan mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut. Mengonsumsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan refluks asam atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), suatu bentuk refluks asam yang parah dan kronis.

Melansir Healthline, berikut makanan yang dapat meredakan gejala asam lambung. Namun, perlu diingat makanan-makanan ini tidak dapat menyembuhkan kondisi.

Sayuran

Secara alami, sayuran rendah lemak dan gula serta membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang baik termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lain. Anda dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala.

Oatmeal

Selain menjadi menu favorit saat sarapan, oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko refluks asam yang lebih rendah. Pilihan serat lain termasuk roti gandum dan bubur gandum.

Buah nonsitrus

Buah sitrus dapat menyebabkan dan memperburuk gejala GERD. Sebaiknya, konsumsi buah nonsitrus, seperti melon, pisang, apel, dan pir karena cenderung tidak memicu gejala refluks dibanding buah asam.

Daging dan makanan laut tanpa lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut, rendah lemak dan mengurangi gejala refluks asam. Anda dapat menyajikannya dengan cara dipanggang atau direbus.

Putih telur

Kuning telur tinggi lemak dan dapat memicu gejala refluks. Oleh karena itu, putih telur adalah pilihan yang sangat baik.

Lemak sehat

Alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari adalah sumber lemak sehat. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, ganti dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat ini.

Related

Tips 3514783929947582699

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item