Di Masa Depan, Tubuh Manusia Bisa Menghasilkan Energi untuk Mengisi Baterai Ponsel


Naviri Magazine - Setiap orang zaman sekarang memiliki HP, iPod, atau alat elektronik lainnya. Akan tetapi berbicara dengan HP dan mendengarkan iPod bisa bermasalah, begitu baterai habis padahal kita sedang di luar. Tentu tak dapat mengisi ulang, lantas bagaimana? Andaikan dari pergerakan tubuh manusia bisa setiap saat dipergunakan untuk pembangkit listrik, betapa bagusnya hal itu!

Kini ilmuwan di laboratorium sudah merealisir harapan tersebut. Wang Zhonglin, seorang ilmuwan keturunan Cina dari Politeknik Georgia, AS, menggunakan teknik Nano dan Piezoelectrik effect untuk membangkitkan listrik.
 
Dia berhasil membuat semacam pakaian serat fiber berdinamo dari bahan campuran serat logam super halus. Setiap kali fiber ditekan atau ditekuk, bisa menghasilkan aliran listrik.
 
Yang disebut Piezoelectrik effect adalah ketika materi tertentu saat menerima tekanan bisa menghasilkan listrik.

Wang Zhonglin menggunakan benang nano yang dibuat dari Zinc Oxyd (seng oksida) dibungkus dengan seuntai serat tenun. Sewaktu orang mengenakan pakaian semacam ini, asalkan terembus angin atau gerak sedikit saja, sudah cukup membuat pakaian tersebut menghasilkan Listrik.

Saat ini teknik tersebut masih dalam tahapan percobaan di laboratorium. Semoga teknik ini cepat selesai, supaya orang-orang bisa setiap saat men-charge Hp ataupun iPod-nya.

Related

Technology 7783248976462150842

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item