Eksperimen Ini Mengungkapkan Kenapa Covid-19 Bisa Begitu Mematikan


Naviri Magazine - Partikel-partikel dari sel dalam darah yang memicu penggumpalan atau pembekuan darah bisa jadi kunci untuk menjelaskan kenapa Covid-19, penyakit infeksi virus corona 2019, bisa menjadi mematikan. Temuan studi terbaru membawa harapan kalau pengobatan yang ada saat ini bisa digunakan untuk mencegah penyakit itu menjadi mematikan.

Dasarnya adalah orang-orang dengan gejala berat atau parah Covid-19 yang kerap ditemui memiliki komplikasi akibat pembekuan darah berlebihan yang mereka alami. Misalnya, serangan jantung, stroke dan kerusakan ginjal.

Tessa Barrett di NYU Langone Health, New York, dan koleganya meneliti platelet dari 291 pasien Covid-19 di rumah sakit. Mereka menemukan banyak platelet itu memiliki kadar lebih tinggi untuk dua molekulnya, yang biasa terlibat dalam pembekuan darah.

Penelitian itu membandingkannya dengan platelet dari orang-orang yang tak terinfeksi SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19. 

“Kadarnya semakin tinggi pada mereka yang harus menjalani perawatan di rumah sakit yang lebih lama,” bunyi temuan studi Barrett dkk yang dipublikasikan dalam Science Advances.

Tim peneliti itu juga melakukan eksperimen dengan menumbuhkan sel-sel sehat dari dinding pembuluh darah di laboratorium. Sel kemudian diberi fluida dari platelet yang telah melalui infeksi SARS-CoV-2. Hasilnya, mereka menemukan ada lebih banyak molekul khas penggumpalan darah daripada ketika platelet yang digunakan dipajankan ke virus corona penyebab penyakit flu biasa.

Seiring waktu, perbedaannya semakin tajam di antara kedua perlakuan sel dalam cawan petri tersebut. Ini yang diyakini bisa menerangkan kenapa pembuluh darah menjadi lebih ‘bocor’ pada pasien gejala berat Covid-19, menyebabkan cairan terakumulasi dalam paru-paru. 

“Temuan kami mungkin menerangkan banyak hal pada apa yang membuat Covid-19 jauh lebih mematikan daripada kerabatnya yang menyebabkan flu biasa,” kata Barrett.

Dari hasil studi ini, obat-obatan stroke yang biasa digunakan memblok platelet penyebab pembekuan darah kini sedang diuji sebagai pengobatan Covid-19.

Related

Health 2662871116811657375

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item